PIRU. Panitia Pengawasan Pemilu ( Panwaslu ) Kabupaten SBB memberikan peringatan dini kepada Pimpinan Partai Politik ( Parpol ) terkait dengan penertiban bahan cetak ucapan selamat yang memenuhi unsur Alat Peraga Kampanye ( APK ) dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018, serta calon Dewan Pimpinan Daerah ( DPD), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR) , Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) – Provinsi/Kabupaten/Kota di bulan Ramadhan.

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada Pimpinan Parpol Se-Kabupaten SBB itu, Ketua Panwaslu Kabupaten SBB, Rahman Nurlette, SPd mengatakan pemasangan bahan cetak sebagai ucapan maupun pesan dalam ucapan selamat menunaikan ibadah puasa oleh pasangan calon dan/atau pengurus partai politik atau gabungan partai politik dan pasangan calon yang terpasang pada tiang penerangan jalan, pohon pelindung dan tempat ibadah adalah salah satu bentuk pelanggaran kampanye. Selanjutnya,  Tim Kampanye atas nama pasangan calon dan partai politik pengusung pasangan calon serta anggota DPD/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten-Kota juga merupakan pelanggaran.

Oleh karena itu, saya menghimbau Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku untuk menertibkan dan menurunkan APK yang memenuhi unsur dan tidak sesuai dengan ketentuan ( jumlah dan design ). Hal ini sesuai dengan Pasal 6 Nota Kesepakatan Pengawasan dan Pelaksanaan Pemilu antara KPU, Bawaslu Maluku, Ketiga Pasangan Calon dan Tim Kampanye/Relawan Pasangan Calon, kata Rahman.

Selanjutnya dikatakan Rahman, Tim Kampanye, Pasangan Calon, Partai Pengusul Pasangan Calon, Anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD- Kabupaten/Kota, Calon DPD maupun Partai Politik peserta Pemilu 2019 dalam status sebagai individu beserta keluarga “Tidak Dilarang” untuk memasang bahan cetak dalam rangka mengucapkan pesan dan sambutan terhadap perayaan hari-hari besar keagamaan sejauh bahan tersebut tidak memuat salah satu unsur sebagaimana dimaksud dalam definisi APK.

Diketahui, sebagaimana Pasal 29 (Ayat 1 dan 2) PKPU Nomor 4 Tahun 2017, Para Pihak yang disebutkan diatas juga dilarang menyebarluaskan baliho/spanduk/leaflet, kartu ucapan atau sejenisnya dalam rangka memberikan pesan atau ucapan selamat untuk menghindari pemenuhan unsur APK.

Apabilla dalam jangka waktu 1 x 24 jam, bahan cetak ucapan selamat dan hari-hari besar keagamaan belum diturunkan oleh Tim Kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 maka akan ditertibkan oleh Panwaslu Kabupaten SBB dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten SBB, tegasnya.

LEAVE A REPLY