Luhu, Pembukaan Perlaksanaan musbaqah tilawatil quran (MTQ) ke 8 Kabupaten Seram Bagian Barat yang berlangsung di lapangan bola desa Luhu, kecamatan Huamual berlangsung meriah.  Kegiatan yang yang bertemakan mewujudkan nilai-nilai Quran dalam kehidupan orang basudara dibuka secara resmi oleh Bupati Seram Bagian Barat dihadiri oleh Bupati SBB Drs. M Yasin Payapo, M.Pd dan Istri, Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, SE, M.Si, Ketua DPRD SBB Drs. J .M Rutasouw dan anggota DPRD SBB, Forokopinda, kepala Kementerian agama Kabupaten SBB, tokoh agama, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab SBB, para undangan lainnya.

Menurut ketua panitia MTQ ke-8 tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat, Drs. M. Yusuf Hatala ketika membacakan laporan panitia mengatakan tujuan pelaksanaan musbaqah tilawatil quran ini adalah untuk qori dan qoriadari berbagai cabang dan jenis lomba yang anantinya akan mewakili Kabupaten Seram Bagian Barat  ke MTQ Tingkat Provinsi Maluku, menyeluh dan mensemangati masyarakat untuk senantiasa mencintai,menghayati, memahami dan mengamalkan Alquran dengan baik dan benar, membangun hubungan yang lebih mendalam antara sesama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan social serta memperluas syariat islam di Kabupaten Seram Bagian Barat,

Katanya pula, jumlah peserta yang ikut dalam MTQ ke 8 Tingkat Kabupaten SBB sebanyak 235 peserta dan official dari 8 kecamatan se Kabupaten SBB diantaranya untuk Kecamatan Seram Bagian Barat jumlah peserta sebanyak 34 orang dan official sebanyak 10 orang, kecamatan Kairatu Barat mengikut sertakan 13 peserta dan official 10 orang, Kecamatan Kairatu jumlah peserta 20 dan official 10 orang, Kecamatan Amalatu jumlah peserta 14 orang dan official 10 orang, kecamatan Taniwel jumlah peserta 8 dan official 10 orang, Kecamatan Kepulauan Manipa jumlah peserta 20 dan official 10 orang, Kecamatan Huamual Belakang Peserta 12 dan official 10 orang, dan Kecamatan Huamual jumlah peserta 34 dan official 10 orang.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten SBB Djafar Tuni.S.Ag mengatakan MTQ merupakan salah satu program pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran yang dilaksanakan dari Tahun 1968 hingga saat ini sebanyak 27 kali secara nasional dan untuk kabupaten Seram Bagian Barat baru dilaksanakan sebanyak 8 kali.

Untuk itu, LPTQ Kabupaten akan senantiasa memberikan ruang, dukungan, kesempatan bagi kecamatan lain untuk nantinya ingin menjadi tuan rumah MTQ  maka akan diangkat pada rapat terbatas LPTQ Tahun 2019 untuk menentukan arah, kebijakan dan tuan rumah pelakanaan MTQ pada Tahun yang akan datang. Ucap Tuni.

LEAVE A REPLY