Piru – Bertempat di Gedung Rakyat DPRD Kab SBB, gunung malintang, Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu, Johanis Mallo, SH mengambil sumpah 30 anggota DPRD Kab SBB terpilih masa jabatan 2019 – 2024 pagi tadi.

Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kab SBB masa jabatan 2014 – 2019, Drs Julius Rutasouw yang didampingi wakil ketua Mustafa Raharusun, SHi. Dalam pembukaan paripurna, Rutasouw mengatakan bahwa rakyat telah melaksanakan hak demokrasinya dengan menjunjung tinggi asas langsung unum bebas, rahasia jujur dan adil, dalam memilih presiden dan wakil presiden serta wakil- wakilnya yang duduk di DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Dan pada saat ini, anggota DPRD Kab SBB terpilih periode 2019 – 2024 telah siap untuk melaksanakan pengucapan sumpah/janji.

“Berdasarkan UU tentang susunan kedudukan MPR, DPR, DPD,dan DPRD, bahwa Anggota DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh ketua Pengadilan Negeri dalam sidang paripurna DPRD. “urai politikus partai Demokrat ini.

Selanjutnya sesuai SK Gubernur Maluku Nomor 185 Tahun 2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten SBB masa jabatan 2014 – 2019 dan SK Gubernur Maluku Nomor 186 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten SBB masa jabatan 2019 – 2024, Ketua Pengadilan Negeri dataran hunipopu resmi memandu pengucapan sumpah/janji pelantikan 30 legislator terbaik ini. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh perwakilan anggota DPRD, para rohaniwan dan ketua pengadilan dan penyematan pin DPRD serta penyerahan SK Gubernur Maluku.

Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati SBB mengatakan dengan dilantiknya ke – 30 Anggota DPRD Kabupaten SBB hari ini, menjadi bukti bahwa pemilu sebagai mekanisme demokrasi telah menjadi instrumen yang tepat untuk menjaga marwah kedaulatan rakyat. Sebagaima a halnya di jajaran eksekutif, pada tataran legislatif juga harus mengalami rotasi dan peralihan kepemimpinan sesuai dengan kehendak rakyat.

“Berdasarkan komposisi yang ada, keanggotaan DPRD masa jabatan 2019 – 2024 memperlihatkan variasi sejumlah wajah baru, dan juga wajah lama. Kombinasi yang unik ini diharapkan akan mewarnaik sepak terjang saudara – saudara kedepan. Orang muda harus penuh semangat, energik, punya inovasi dan pikiran – pikiran segar tentang pembaharuan. Sedangkan mereka yang sudah berpengalaman diharapkan semakin bijak, berwawasan luas, penuh pertimbangan, berpikir komprehensif dan semakin berkualitas. Bagi saya. keseimbangan ini menjadi sangat positif dalam rangka kita terus mendorong kemajuan menyeluruh di Kabupaten SBB”

Dalam UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, kedudukan DPRD adalah selaku unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Hal ini bermakna DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam upata mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dari sinilah, konsep kemitraan antara pemda dan DPRD mendaparkan legalitasnya, dan karena itu membangun relasi kemitraan antara anggota DPRD dengan kepala daerah merupakan prasyarat mutlak guna menjamin optimalnya penyelenggaraan tugas – tugas pemerintahan.

Sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD memiliki kedudukan yang sama dengan kepala daerah. Kedudukan yang setara  ini bermakna bahwa antara DPRD dengan kepala daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar. Hubungan demikian secara taktis operasional menjadikan DPRD sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam membuat kebijakan daerah sesuai kewenangan, tugas dan fungsi masing – masing. Untuk itu, DPRD dan pemerintah daerah wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis dan saling mendukung dalam menjalankan tugas dan kewajiban dalam tata kelola pemerintahan.

Setelah mendengarkan doa yang dibacakan oleh Kepala Kantor Agama Kab SBB, Taslim Tuasikal S.Ag dan Ketua Klasis Seram Barat, pdt Reny H, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada anggota DPRD terpilih. Turut hadir selain Bupati SBB beserta ibu, terlihat Wakil Bupari Timotius Akerina SH, Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar SIk, dan Forkopimda lainnya, Sekda Kab SBB H. Mansur Tuharea SH, Staf khusus Bupati, Staf Ahli Bupati, para asisten setda, pimpinan OPD, Para Camat, Para Kepala Desa, Anggota DPRD Prov Maluku dapil SBB, perwakilan parpol dan undangan lainnya.

LEAVE A REPLY