Rumahkay : Ikatan persaudaraan adik kaka gandong Desa Rumahkay-Rutong kembali dilakukan dengan dilaksanakannya panas gandong Rumahkay-Rutong di Desa Rutong, Kota Ambon.

Kegiatan pelepasan warga Desa Rumahkay di Baileo turut dihadiri Wakil Bupati SBB selaku anak adat Rumahkay Timotius Akerina, SE.,M.Si, Sekretaris Daerah Mansur Tuharea, S.H, Kepala Kesbangpol dan Linmas Hasan. S. Patti, Kasat Binmas Polres SBB. Iptu V. F. Hattu, Pendeta GPM Jemaat Rumahkay Pdt. Jeri Sayo, S.Th, Tokoh Adat (Tuan Tanah) Agustinus Corputty, Tokoh Adat (Kapitang) Yakobis Kakerissa.

Pelepasan 300 warga rumah Rumahkay yang akan berangkat ke Desa Rutong diawali dengan arahan singkat oleh Pejabat Desa Rumahkay Jems Corputy, S.Pd yang mengingatkan agar senantiasa menjaga keselamatan dalam perjalanan dan saling menjaga toleransi antar sesama orang basudara agar tidak menimbulkan gangguan kamtibmas. Terutama mengkonsumsi Miras (Sopi) agar tidak membuat malu dan kekacauan di tempat pelaksanaan Pemanasan Pela – Gandong, karena sangat sakral acara kegiatan tersebut nantinya.

Dilanjutkan dengan Doa oleh Pdt. N Toisuta,S.Th di gedung gereja Rumahkay dan pelepasan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten SBB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah. Warga kemudian menuju Desa Rutong dengan menempuh jalur laut dengan menggunakan Kapal Feri KMP. Tanjung Kuako.

LEAVE A REPLY