Riring-Disambut dengan upacara dan tarian adat, Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB) Drs. M. Yasin Payapo, MPd pada Selasa (23/07/2019) berkesempatan meninjau jalan lintas pegunungan yang menghubungkan Desa Buria dan Desa Riring Kecamatan Taniwel yang mulai bisa diakses per tanggal 15 Juli 2019 lalu.

Tarian serta upacara adat saat penyambutan Bupati.

Pada kesempatan yang sama pula Bapak Bupati juga sekaligus melihat secara langsung, sejauh mana persiapan dalam proses menuju pemekaran wilayah kecamatan Taniwel Selatan yang terdiri dari Buria, Uweth, Laturake, Lohia sapalewa, Riring, Rumahsoal dan Neniari.

Turut hadir mendampingi Bupati antara lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. SBB, Camat Taniwel, Kepala Puskesmas Taniwel serta Kepala-kepala Desa di wilayah Taniwel pegunungan.

Bupati beserta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan “Pembangunan ruas jalan yang menghubungkan desa-desa di wilayah penggunungan Taniwel ini adalah upaya Pemerintahan Daerah Kab. SBB dalam menggalakkan pemerataan pembangunan di semua wilayah kabupaten terkhususnya bagi daerah-daerah yang masih sulit untuk diakses”.

“Saya kira ini hanya awal dari komitmen kami untuk membantu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Taniwel, khususnya yang ada di daerah pegunungan yang juga sementara ini ada dalam tahap menuju pemekaran wilayah menjadi sebuah kecamatan sendiri.” Sambung Bupati.

Bupati menyalami langsung masyarakat Taniwel yang berada di wilayah pegunungan.

Sebagai penutup Bupati kemudian berharap “Ke depan dengan dibukanya ruas jalan, serta penetapan wilayah ini nantinya menjadi kecamatan Taniwel Selatan, saya berharap masyarakat akan lebih mandiri dan bersemangat dalam membangun, menata serta memanfaatkan setiap fasilitas yang disediakan Pemerintah guna perbaikan dan kemajuan Kabupaten kita ini maupun Sumberdaya Manusia yang ada di dalamnya”.

Thomas A. Mawene selaku pejabat Kepala Desa Laturake pun turut menyampaikan tanggapannya atas kunjungan Bapak Bupati, “Kami selaku masyarakat sangat mengapresiasi kehadiran langsung dari Bapak Bupati di daerah kami, guna meninjau jalan lintas pegunungan Buria menuju Riring sekaligus melakukan peninjauan terhadap daerah calon pemekaran. Seperti kita ketahui bahwa, bagaimana sulitnya kondisi kita sebelum dibukanya ruas jalan ini, dimana kita selalu dihadapkan pada sulitnya akses keluar masuk ke desa-desa diwilayah ini.”

“Hasil-hasil bumi potensial yang ada di sini seperti buah-buahan, cengkeh, damar, kenari, coklat, vanili dan sebagainya terkadang hanya bisa diperdagangkan di pasar yang ada di wilayah ini saja, sehingga nilai ekonomisnya dirasa lebih rendah. Sebaliknya bahan-bahan dari luar wilayah seperti metarial bangunan, bahan sembako dan sebagainya juga sulit didapat dengan harga murah karena sulitnya jalur transportasi untuk masuk ke wilayah ini. Hal ini semenjak lama telah menjadi kendala bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat disini. Sehingga sekali lagi kami selaku masyarakat benar-benar mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah daerah dalam hal ini Bapak Bupati dalam membantu mendorong kemajuan pembangunan di daerah kami”, lajut Mawene.

Bupati melewati jembatan yang menghubungkan bagian jalan yang belum selesai di kerjakan.

Terakhir Mawene pun berharap “Kiranya ke depan akan ada lebih banyak lagi pembangunan di wilayah kami, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, perdagangan guna memacu dan menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat Taniwel di wilayah pegunungan ini.”

LEAVE A REPLY