403 CPNS K2 SBB Ikut Diklat Prajabatan

0
994

Sebanyak 403 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Kategori II Tahun 2014 mengikuti Diklat Prajabatan yang digelar di Piru, Senin (23/5).

Bupati Seram Bagian Barat Yacobus F Putileihallat dalam sambutan yang dibacakan asisten I Setda SBB, Drs. R. Silooy, berharap melalui proses Diklat Prajabatan yang dilaksanakan ini akan dapat melahirkan para aparatur pemerintah yang berdisiplin tinggi.

“Diklat prajabatan ini diharapkan dapat tercipta aparatur yang memiliki integritas diri dan disiplin yang tinggi, berwibawa, bekerja efisien dan efektif serta dapat mengayomi dan diteladani,” katanya.

Peningkatan profesionalisme aparatur pemerintah merupakan salah satu fungsi yang vital dan strategis dalam rangka membina dan mengembangkan kualitas aparatur birokrasi pemerintah.

“Peran pemerintah bergeser dari sistem yang digerakan oleh peraturan pemerintah yang digerakan oleh misi dan lebih berorientasi pada mekanisme kerja partisipatif dari pada mekanisme kerja hirarkhis,” ungkapnya.

Terlebih lagi, tambah dia, PNS sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-Undang Nomor 05 Tahun 2014 merupakan Unsur Aparatur Negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam pelayanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan yang menentukan dalam mengelola prakondisi tersebut, sejumlah keputusan-keputusan strategis mulai dari formulasi kebijakan sampai pada implementasinya sampai pada berbagai sektor pembangunan.

Bupati berharap untuk memainkan peranan tersebut, diperlukan sosok ASN yang bisa memberikan pelayanan berkualitas yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien.

“Untuk itu, ASN harus netral dari semua golongan serta tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena masyarakatlah sebagai kendali yang perlu dilayani,” tukasnya.

LEAVE A REPLY