PIRU-Pancaran keindahan objek wisata di Kabupaten Seram Bagian Barat tidak terhitung jumlahnya, dari beragamnya pulau-pulau kecil yang dihiasi pasir putih, lekukan sungai-sungai yang menambah pesona alam serta hiasan pernak-pernik air mancur yang ditandai dengan butiran-butiran pelangi.

Dari berbagai ragam pesona wisata di Kabupaten Seram bagian Barat, salah satu objek wisata yang sangat menarik, indah, alami dan sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal di Kabupaten Seram bagian Barat adalah Lokasi Wisata Air Putri  yang berada di kawasan Dusun Waiyoho, Kecamatan Seram Barat.

Perjalanan menuju objek wisata Air Putri dapat menggunakan sepeda motor atau mobil dengan memakan waktu perjalanan hampir dua jam dari kota Piru, Ibu Kota kabupaten Seram Bagian Barat. Bahkan untuk mencapai lokasi Air Putri juga harus melalui jalan tanah yang kurang begitu baik kira-kira panjangnya 1,5 kilometer dari jalan raya trans seram.

Jalan yang ditempuh harus menyusuri hutan dan menuju sebuah desa transmigrasi yang berpendudukan masyarakat Suku Buton yang tinggal di Dusun Waiyoho. Letak air putri berada dipinggiran Desa Waiyoho. Kesulitaan-kesulitan yang dilalui sekejap terbayarkan ketika sampai dilokasi objek wisata Air Putri.

Sesuai kisah legenda terbentuknya Air Putri adalah mata air yang berada tepat di pinggi pesisir pantai. Oleh karena itu, air tawar yang keluar dari mata air membentuk sebuah laguna yang bercampur dengan air laut yang asin dan hangat pada satu titik. Kondisi geografis Air Putri sangatlah unik, mata wisatawan akan terkagum pada sebuah laguna yang terletak menjorok ke daratan dan membentuk sebuah sungai yang berakhir dilautan luas. Antai, laguna, sungai, air asin, air tawar dan pepohonan yang teduh menjadi satu wilayah Air Putri yang menyejukan suasana.

Masyarakat Kecamatan Seram Barat pada hari libur biasanya memanfaatkan lokasi wisata Air Putri sebagai tempat bersantai, berkreasi, mandi di laguna air putri dan berwisata di pantai yang berada didekatnya. Di lokasi tersebut juga terdapat kios-kios dagangan yang dibuat oleh masyarakat yang mendiami wilayah sekitar Air Putri dengan menjual beraneka ragam dagangan seperti rujak, gorengan, bakso,  dan lain sebagainya.

Lokasi air putri secara umum belum dikenal oleh masyarakat luas tetapi bagi sebagian masyarakat Seram Bagian Barat sudah menjadi tempat favorit bagi warga untuk berkreasi bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat.

LEAVE A REPLY