PIRU- Jalur transfortasi darat yang menghubungkan Kecamatan Kairatu dengan Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), kondisinya masih memprihatinkan.

Kondisi disepanjang ruas jalan dari Desa Uraur kilometer 6, hingga ke kilometer 24 Desa Hunitetu (Kota Kecamatan Inamosol), banyak yang belum diperbaiki. Terdapat lubang-lubang besar pada badan jalan. Belum lagi timbunan longsor. Kondisi tersebut, mempersulit masyarakat dalam melakukan aktifitas berkendara roda dua maupun roda empat.

Kondisi serupa juga terdapat di Desa Waimital menuju Desa Rambatu kilometer 23. Berdasarkan Pantauan wartawan dilapangan, Rabu (25/10), Infrastruktur jalan di jalur ini, kerusakannya harus diperhatikan.
Sebab, jalur tersebut bukan jalan raya yang sudah teraspal. Melainkan jalan bekas kendaraan perusahan kayu yang dipelihara oleh masyarakat dikawasan tersebut.

Pemerintah daerah pada 2014 lalu, sudah melakukan pengaspalan. Namun hanya baru sampai di Kilometer 5 Dusun Kawatu, Desa Rumberu. Dan masih ada 13 kilometer lagi yang belum terselesaikan. disisa 13 kilometer ini, sangat rawan terjadi kecelakaan yang bisa berujung maut. Sebab disepanjang jalan, terdapat sejumlah titik longsor dan lubang besar sedalam pangkal paha orang dewasa.

Bupati Seram Bagian Barat M. Yasin Payapo beserta wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina saat menghadiri kegiatan panas pela antara Masyarakat pegunungan Mansamanuwey dengan Masyarakat Apio Patai di Desa Rambatu, Kamis (26/10), sempat merasakan sengsara saat melintas dijalur tersebut.

Atas dasar itu, Bupati berjanji kepada masyarakat setempat, pihaknya akan memperbaiki ruas jalan dijalur tersebut pada tahun anggaran 2018. Menurut Bupati, perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

Kita semua tahu, bahwa APBD kita kan kecil. Olehnya jalur ini, kita tetap akan memperbaikinya namun pekerjaannya dilakukan secara bertahap. Tahun 2018 kita sudah mulai Pangkasnya.

Olehnya itu,” masarakat tetap bersabar yang pastinya di awal 2018 mendatang jalan menuju desa rumbatu dan sekitarnya akan kita selesaikan agar masarakat tidak lagi sengsara pangkas Bupati.

LEAVE A REPLY