Taniwel-Asisten I Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Seram Bagian Barat, Drs. Paulus.CH. Pical,M.Si yang didampingi oleh Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten SBB Ir. Thomas Wattimena, Kadis Informasi Komunikasi dan Persandian Kabupaten SBB Peking Caling.SH, Kabag Humas dan Protokoler Setda SBB Yosep Sapasuru,SP,MPA dan Camat Taniwel Husen Luhulima. menghadiri dan meresmikan Baileo Sisin Selatu Negeri Lohia Sapalewa, Kecamatan Taniwel yang dibangun lewat program revitalisasi Desa Adat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Direktorat Jenderal kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asisten I ketika membacakan Sambutan Bupati Seram Bagian Barat mengatakan, dengan adanya bantuan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari Pusat sudah bisa membangun dan memiliki sarana pemerintahan, balai pertemuan, balai negeri yang repesentatif untuk tempat berkumpul dan bermusyawarah untuk membangun desa Lohia Sapalewa kedepan.

“Peresmian sarana pemerintah di Desa Lohia Sapalewa harus kita maknai dalam tugas dan tanggungjawab pemerintah adalah untuk membina, mengayomi serta melayani masyarakatnya sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Baileo Negeri merupakan salah satu sarana penunjang musyawarah perencanaan pembangunan akan selalu menjadi tempat pertemuan maupun komunikasi antar pemerintah dan masyarakat guna mendapat kesepakatan bersama” jelas Asisten I.

Katanya pula, Baileo menjadi wadah komunikasi dan koordinasi yang baik dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan maupun melakukan pembinaan kemasyarakatan. Untuk itu, Bupati Seram Bagian Barat memberikan Drs. M Yasin Payapo,M.Pd memebrikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran pemerintah desa Lohia Sapalewa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat dan masyarkat Lohia Sapalewa yang telah berhasil dan menyelesaikan pembangunan baileo negeri yang representatife.

“Saya berharap semoga baileo yang diresmikan ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dan dipelihara agar dapat tetap terjaga demi pelaksanaan semua tugas secara optimal karena keberhasilan hari ini menjadi catatan kedepan.” Harapnya.

Dirinya juga meminta dari pemerintah desa agar kedepan dapat memanfaatkan dana desa dan alokasi dana desa demi peningkatan pemberdayaan masyarakat dan menjadi stimulant bagi usaha mikro dan industry rumah tangga khususnya bagi kegiatan pemberdayaan kaum perempuan gerakan PKK Desa dan keterlibatan kelompok pemuda pemudi agar dapat berkembang lebih maju lagi di Desa Lohia Sapalewa.

LEAVE A REPLY