Piru-Disiplin kerja merupakan
modal utama bagi seorang ASN dalam
melaksanakan tugas dan tanggung
jawabnya sebagai seorang abdi Negara terutama pengabdian terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Dalam rangka usaha memelihara kewibawaan Pegawai Negeri Sipil, serta untuk mewujudkan PNS yang bersih dan berdedikasi tinggi diperlukan pegawai dengan disiplin yang tinggi.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kab.SBB, Manan Tuarita, S.Sos, saat diwawancarai (Rabu, 17/7/19) mengatakan, ukuran tingkat disiplin pegawai adalah apabila pegawai datang dengan teratur dan tepat waktu.

Kepala BKPSDM saat diwawancarai

Beliau mengatakan, Beberapa bulan belakangan ini disiplin kerja PNS Kab.SBB semakin lama semakin menurun, hal ini dapat kita lihat saat Upacara bendera maupun apel hari Senin dan Sabtu.

“Beberapa bulan belakangan ini, disiplin pegawai ASN Kab.SBB semakin menurun, Kehadiran pegawai saat upacara bendera maupun apel hari Senin dan Sabtu harus minimal 80% dari jumlah pegawai, karena 20% nya sudah dihitung dengan Perjalanan Dinas, Ijin, dan sakit”, kata beliau.

“Lemahnya pembianaan dan penegakan disiplin terletak pada pimpinan OPD, pimpinan OPD yang bersentuhan langsung dengan staff di bawahnya dan yang mengetahui kehadiran PNS di unit masing-masing adalah Kepala OPD”, lanjut beliau.

Untuk mengatasi permasalahan di
atas, sudah saatnya pemerintah melalui
pimpinan unit kerja masing-masih
diharapkan dapat menerapkan peraturan
dan perundangan mengenai disiplin kerja
yang telah ditetapkan secara efektif sesuai dengan jenis pelanggarannya, baik dimulai dari teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan gaji berkala dan pangkat, penurunan jabatan sampai pemberhentian dengan hormat maupun dengan tidak hormat sebagai PNS.

“Solusi dari permasalahan
pelanggaran disiplin PNS adalah dengan
meningkatkan pengawasan serta
pemberian sanksi tegas sesuai dengan
pelanggaran yang dilakukan berdasarkan
ketentuan perundang-undangan yang
berlaku”, tambah beliau.

Pemberian sanksi disiplin terhadap Pegawai Negeri Sipil pada dasarnya sudah memiliki hukum yang jelas dan diatur ke dalam dalam Peraturan Pemerintah tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil khususnya pada pasal 7 ayat 1,2,3,4, serta Peraturan Pemerintah nomor 11 yang berisi tentang masuk kerja dan menaati jam kerja.

Beliau mengharapkan kepada Pegawai ASN di lingkup Kab.SBB agar selalu menerapkan sikap disiplin dan menaati peraturan jam kerja Pegawai dan untuk kepala OPD untuk menerapkan disiplin kepada Staff yang berada dibawahnya.

LEAVE A REPLY