Piru: Bagian Kesra Setda Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar Sosialisasi Ketrampilan Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018 bagi kaum disabilitas yang berlangsung di Gedung serbaguna Gereja Elohim Piru.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian Setda SBB Drs. Leonard Kakisina, yang didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Acher Pattilouw bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada penyandang disabilitas/cacat sebagai bekal untuk mereka menjalani kehidupan mereka di tengah masyarakat, melatih para penyandang Disabilitas agar dapat hidup mandiri serta dapat mengembangkan sekaligus memotivasi penyandang disabilitas untuk dapat mengakses berbagai hak-hak dasar dan hak-hak sosialnya untuk kelangsungan kehidupan mereka ditengah masyarakat.

Drs. Leonard Kakisina ketika membacakan sambutan Bupati SBB mengatakan, arah kebijakan dan program kegiatan pelayanan dan rehabilitasi sosial terhadap kaum disabilitas harus kita estimasi secara menyeluruh sehingga upaya kita dalam memfasilitasi kemudahan-kemudahan akses mereka untuk memperoleh kesejahteraan sosial dapat terwujud. Bila kita merekintruksi secara menyeluruh maka akan kita temui hamper di semua kecamatan di wilayah SBB.

“Disabilitas adalah konsep yang menjelaskan hasil dari interaksi antara individu-individu yang mempunyai keterbatasan fisik atau mental/intelektual dengan sikap dan lingkungan yang menjadi penghambat kemampuan mereka untuk dapat berpartisipasi di tengah masyarakat secara penuh. Pengakuan ini secara tidak langsung menyatakan bahwa persoalan hambatan berpartisipasi harus menjadi tanggungjawab masyarakat dan negara juga, sikap masyarakat dan pemerintah yang mengakomodasi prinsip hak asasi manusia, non diskriminasi, kesetaraan serta kesempatan yang sama dan mengakui adanya keterbatasan yang dapat diatasi, jika diupayakan aksebilitas fisik dan non fisik merupakan factor penting dalam mengatasi kondisi yang di sebut disabilitas” ucap Kakisina

Kegiatan yang dilaksanakan di saat ini kiranya dapat memotivasi kita semua baik yang tergolong kaum difabel juga maupun semua elemen bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Agar lebih peka mengupayakan secara Bersama kenyamanan dan kemudahan bagi basudara kaum disabilitas yang berada di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Untuk itu, Kakisina berharap dukungan moril dari seluruh masyarakat sebagai elemen bangsa dan negara agar dapat Bersama-sama pemerintah daerah untuk membangun daerah yang masih terisolasi atau belum tersentuh oleh pembangunan maupun bagi basudara kita yang tergolong kaum disabilitas yang berada di daerah Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY