Kairatu: Melalui Keputusan Bupati Seram Bagian Barat Nomor 400-156 Tahun 2020 Tentang pembentukan Panitia Pelaksanaan penyelenggara Kegiatan Sosialisasi bahaya Narkoba Tahun 2020 dan Keputusan Bupati Seram Bagian Barat Nomor 411.5-157 Tahun 2020 tentang penetapan Narasumber Sosialisasi Bahaya Narkoba Tahun 2020. Maka Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Seram Bagian Barat menggelar Sosialisasi Bahaya Narkoba kepada masyarakat dan pelajar di Kecamatan Kairatu, Kairatu Barat, Inamsolo, Elpaputih, dan Kecamatan Amalatu yang difokuskan di gedung pertemuan kantor Desa Kairatu. Hal ini dikatakan oleh Ketua Panitia Pelaksanaan Julianty Tangke.

Menurut Tangke, dewasa ini telah terjadi krisis baik itu dibidang ekonomi, sosial, keagamaan dan juga krisis global yang berimbas pada kemunduran akhlak dan moral masyarakat. Krisis tersebut bias terjadi akibat penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang dikalangan masyarakat teristimewa generasi muda. Banyak hal telah diupayakan oleh pemerintah maupun lembaga agamais untuk meredam narkoba dan obat terlarang dikalangan masyarakat namun korban penggunaan narkoba dan obat terlarang masih saja terus terjadi sampai saat ini.

“Dari data Badan Narkotika Nasional (BNN) kebiasaan penyalahgunaan narkotika dari periode 2017 sampai 2019 mengalami peningkatan menjadi 0,03% hal ini disampaikan oleh kepala Humas dan protokoler BNN Pusat Sulistio Pudjo di Jakarta pada tanggal 20 Desember 2019, berdasarkan permasalahan tersebut maka kegiatan sosialisasi masalah narkoba dan obat terlarang yang dilaksanakan oleh bagian kesra setda kabupaten SBB dianggap perlu mengingat generasi muda di SBB juga merupakan bagian dari generasi muda bangsa, agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang” ucap Tangke.

Katanya pula, pemateri dari kegiatan sosialisasi tersebut ditinjau dari segi keagamaan, segi pendidikan, segi kesehatan, segi sosial, dan segi hukum yang melibatkan BNN Provinsi Maluku, Polres Seram Bagian Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten SBB, dan Tokoh Agama.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkan dari pemakaiannya, sekaligus dapat mewujudkan masyarakat yang berdaya, mandiri dan partisipatif yang semakin sejahtera di bumi saka mese nusa yang kita cintai ini.

LEAVE A REPLY