Piru: Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar Sosialisasi Peraturan Perundangan Pajak Daerah serta Menindaklanjuti Launching Smart Register (Tapping Box) Aplikasi BPHTB dan E-PBB kepada para pengusaha hotel, penginapan, rumah makan dan tokoh agama di Kecamatan Seram Barat yang dilakukan di Balai Pertemuan Desa Neniari (21/11/2020).

Kepala Bidang Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Kota Ambon Djafar Marasabessy mengatakan bahwa sudah kewajiban bagi para pengusaha untuk membayar pajak. Selama ini Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat melakukan pengelolaan Pajak PBB secara manual dan belum dilakukan secara online. Jika akan dilakukan secara online maka pangusaha akan mendaftar PBB bisa menggunakan smart phone, laptop dan dimana saja. hal ini dilakukan jika telah diterapkan e-BPHTB dan e-PBB.

“Diharapkan, Kabupaten Seram Bagian Barat dapat secepatnya mengaplikasikan e-BPHTB dan e-PBB sebagai langkah terobosan untuk dapat meningkatkan Pendapatan Daerah di sector Pajak Bumi dan Bagunan” harap Marasabessy.

Sementara itu, Kapala Bidang Administrasi Pendapatan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat Dessy Sulipatty,SE terkait  penggunaan Smart Register (Tapping Box) menambahkan bahwa dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah secara keseluruhan maka salah satu langkah yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah adalah dengan menyediakan Smart Register (Tapping Box) hal ini dilakukan agar badan Pendapatan Daerah dapat mengawasi secara langsung maupun real time proses-proses transaksi pajak oleh para pelaku usaha di Kabupaten SBB.

“Pemberlakuan Smart Register (Tapping Box) dikarenakan selama ini, ada pelaku wajib pajak yang selalu menghindar untuk tidak membayar pajak, sekaligus menjawab langkah penanganan korupsi yang dilakukan oleh KPK RI adalah Bapenda harus melakukan aksi pemberantasan pemutusan korupsi dengan cara pemberlakuan Smart Register (Tapping Box).

Katanya pula, hingga kini Bapenda SBB baru menyiapkan 8 (Tapping Box), direncanakan pada Tahun depan akan ada penambahan 50 hingga 100 (Tapping Box) dengan sasaran agar dapat meningkatkan Pendapatan daerah” jelas Sulipatty

Sulipatty juga meminta kepada seluruh pelaku usaha agar dapat berperan aktif, berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam mengawasi Pajak agar Pendapatan daerah dapat meningkat demi kemajuan Daerah Seram bagian Barat yang sama-sama kita cintai.

 

LEAVE A REPLY