BAPPEDA SBB GELAR MUSRENBANG RKPD TAHUN 2019

0
127

PIRU. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) Tahun 2019 pagi ini di Aula Lantai III Kantor Bupati Seram Bagian Barat.

Kegiatan Musrenbang RKPD dengan tema Meningkatkan Kualitas Sumber daya Manusia dan Penyediaan Infrastruktur  Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Lokal ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat, Ketua, Wakil Ketua serta Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat, Staf Kementrian PPN/Bappenas RI, Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Bappeda Provinsi Maluku, Para Asisten dan Staf Ahli serta Pimpinan OPD dilingkup Pemkab SBB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Seram Bagian Barat, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Seram Bagian Barat Para Camat dan Utusan Kecamatan, Perwakilan Instansi Vertikal, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.

Sedangkan yang menjadi Nara Sumber dalam Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2019 ini adalah Bapak Ilham Tauda, SP, MSi, perwakilan Bappeda Provinsi Maluku, Ketua DPRD Kab. Seram Bagian Barat, Bappeda Kab. Seram Bagian Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang , Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini bertujuan mendapat masukan tentang permasalahan pembangunan daerah yang diselarasakan dengan sasaran dan prioritas pembangunan daerah Tahun 2019, mendapatkan persetujuan bersama terkait dengan usulan program dan kegiatan prioritas rencana pembangunan daerah tahun 2019 serta perumusan rancangan berita acara musrenbang RKPD Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018, dan Singkronisasi agenda prioritas pembangunan provinsi dan nasional dengan dukungan pendanaan APBD Provinsi maupun APBN.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan Musrenbang ini adalah Rancangan Renja OPD yang memuat program dan kegiatan OPD beserta pagu indikatif sebagai dasar penyusunan rencana kerja anggaran tahun 2019 dan Rancangan Akhir RKPD Tahun  2019.

Kepala Bappeda Kab. SBB, Ir. ZP Sellano dalam pemaparannya mengatakan mekanisme musrenbang sudah kita lewati, mulai dari musrenbang desa hingga hari ini sampai pada musrenbang kabupaten. Tentunya seluruh program yang sudah dibahas nanti kita akan selaraskan dan sinergikan hingga musrenbang provinsi dan nasional.

Secara singkat Beliau juga memaparkan umum tentang Arah Kebijakan Pembangunan Daerah dan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat 2017-2022, serta Progres Pengembangan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

Pada kesempatan yang sama Materi Kedua disampaikan oleh Bapak Ilham, SP, MSi, Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bappeda Provinsi Maluku. Materi yang disampaikan terkait dengan RKPD Provinsi Maluku yang akan disingkronkan dengan RKPD Kabupaten.

Dalam pemaparannya, Beliau mengatakan tentang pentingnya perbaikan kualitas perencanaan di Pemerintah Kabupaten. Musrenbang ini merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan tiap tahun jadi bukan hal yang baru sehingga diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar lebih tajam dalam menyusun program. Yang menjadi point penting adalah sinkronisasi, sinergitas dan validitasi kembali program yang diprioritaskan di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Karena Ini akan dievaluasi kembali oleh Bappeda Provinsi, kata beliau.

Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta musrenbang RKPD agar dalam merencanakan program kegiatan harus mengacu pada prioritas nasional agar usulan kabupaten bisa terakomodir.

 

 

 

LEAVE A REPLY