Dampak wabah Covid-19 sangat mempengaruhi ruang gerak masyarakat dunia, yang secara langsung berdampak pula pada pendapatan dan perekonomian rakyat. Dikarenakan banyak yang kehilangan pekerjaannya, tak luput masyarakat dikabupaten Seram Bagian Barat(SBB) provinsi Maluku juga turut merasakannya. Untuk itu, peran serta pihak terkait sangat dibutuhkan dalam menyiasati kebutuhan hidup rakyatnya selama musim pandemi Covid-19.

Menyikapi masalah ini, ketua fraksi partai Hati Nurani Rakyat(Hanura) DPRD SBB, Boby Gunawan Tianotak menunjukan rasa pedulinya kepada masyarakat dengan melakukan pembagian 100 paket beras dan mi instan kepada para janda di 3 Dusun, yakni Dusun Telaga Ratu Desa Waimital sebanyak 24 paket, Dusun Waitasi sebanyak 32 paket dan Dusun Kelapa Dua Desa Kairatu kecamatan Kairatu sebanyak 44 paket pada selasa, 22/04/2020.

Ketua Fraksi (kefra) Hanura Bersedah Kepada Para Janda.

Menurutnya, apa yang dimilikinya saat ini ada sebagian hak rakyat juga termasuk para janda-janda. ” sudah sepatutnya harus kita peduli sama mereka(para janda) . Karena itu, apa yang saya lakukan hari ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya musibah Corona seperti ini, ditambah, sehari kedepan kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. jadi sebagian pendapatan sebagai anggota DPRD, saya sisipkan untuk mereka(para janda) , karena ada hak mereka juga dalam rizqi yang saya dapatkan itu “, ujar Tianotak kepada para wartawan disela-sela pembagian paket bantuan.

Kalau dilihat dari besar bantuan tidaklah seberapa, namun Tianotak berharap kiranya dapat sedikit membantu. “disadari bahwa pemberian bantuan hari ini tidaklah seberapa nilainya, tapi harapan saya kiranya bantuan ini sidikit dapat membantu penuhi kebutuhan mereka, apalagi menjelang Ramadhan seperti ini “, harapnya.

Kepala Dusun Kelapa Dua Abdul Rakib Narahaubun saat dimintai tanggapannya mengatakan, sebagai kepala dusun dirinya mengapresiasi positif adanya sentuhan pembagian paket beras dan mi instan oleh legislator Hanura SBB ini. ” Sebagai Kadus saya sangat mengapresiasi tindakan pembagian paket oleh pak Boby kepada warga saya. Harapan saya selanjutnya ada anggota DPRD lain melakukan hal yang sama dengan pak Boby Tianotak “, kata Kadus.

Sementara itu, Nurfila(30) salah satu penerima paket bantuan kepada wartawan mengatakan sangat terbantukan dengan santunan ini. ” Dimusim pandemi Corona seperti ini, pendapatan kami dalam memenuhi kebutuhan hidup sangat terganggu, apalagi bagi kami para janda. Tapi dengan adanya sentuhan bantuan seperti ini sangat membantu kami dalam pemenuhan kabutuhan kami. Terima kasih pak Boby Tianotak atas bantuannya ” ungkap janda ini.

Untuk diketahui, pembagian paket ini untuk kedua kalinya dilakukan oleh legislator Hanura SBB ini. Dimana, beberapa waktu dirinya sudah membagikan 100 paket yang sama juga di desa Kamal dan Nuruwe kecamatan Kairatu Barat. “kegiatan ini untuk kedua kalinya bagi saya. Sebelumnya, pembagian paket yang sama telah kami lakukan kepada saudara kita yang Nasrani di desa Kamal dan Desa Nuruwe. Jadi, karena bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan maka kegiatan ini kami arahkan untuk membantu saudara kita yang Muslim. Insya Allah kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin saya sebgai anggota DPRD “, kata Tianotak menutup.

LEAVE A REPLY