Piru- Besok tanggal 27 Juni 2018 pesta demokrasi 5 tahunan dalam rangka momentum pilkada serentak  untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023 akan digelar. Warga Kabupaten Seram Bagian Barat yang berada di 11 Kecamatan dengan daftar pemilih tetap (DPT)  sebanyak 143.229 pemilih yang tersebar di 398 TPS akan menentukan siapa calon yang akan menduduki kursi Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku kedepan.

Apakah pasangan calon nomor urut 1  atas nama Said Assagaff dan Anderias Rentanubun yang berakronim SANTUN ?,  pasangan calon nomor urut 2 atas nama Murad Ismail dan Barnabas Orno dengan sebutan BAILEO, ataukah pasangan calon nomor urut 3 Herman Adrian Koedoeboen dan Abdullah Vanath yang disingkat HEBAT ?

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SBB, Drs Sillehu Achmad dalam himbauannya meminta agar masyarakat Seram Bagian Barat dapat menggunakan hak pilihnya,  menjadi pemilih yang cerdas, memilih pemimpin dengan hati dan bukan karena di intimidasi. Warga SBB harus memerangi politik uang (money politic), demi kemajuan Maluku kedepan.

Berdasarkan peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018, pasal 2 disebutkan proses pemungutan suara akan digelar mulai pukul 07.00 WIT hingga Pukul 13.00 WIT, itu berarti masyarakat SBB wajib mendatangi TPS-TPS untuk menentukan pilihannya pada waktu yang telah ditentukan.

Sementara proses penghitungan dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIT di masing-masing TPS hingga proses penghitungan berakhir. Proses pemungutan dan Penghitungan suara dilakukan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, efektif, efisien, mandiri, berkepastian hukum, tertib, untuk kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas dan aksesibilitas.

Sementara itu  dari hasil pantauan di beberapa TPS yang ada di kota Piru dan sekitarnya,  terlihat anggota keamanan hansip, dan babinsa telah bersiaga untuk mengamankan dan mensterilkan setiap TPS.

Jadilah pemilih yang cerdas, jangan GOLPUT !!! Selamat berdemokrasi

LEAVE A REPLY