Perhatian dan simpati dari berbagai pihak terhadap keadaan dan nasib para pengungsi khususnya yang masih anak-anak, belumlah reda bahkan hingga dua minggu setelah gempa 6,8 Skala Richter (SR) melanda Seram Bagian Barat (SBB) pada 26 September 2019 lalu.

Kali ini perhatian dan simpati itu datang dari Direktur Penanganan Pengungsi pada Deputi bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Jhony Sumbung yang datang bersama rombongan.

Direktur Penanganan Pengungsi pada Deputi bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Jhony Sumbung bersama Sekda SBB dan pimpinan OPD saat menyapa anak-anak di kamp pengungsian.

Pria berdarah Toraja Sulawesi Selatan namun lahir dan tumbuh besar di daerah Kairatu SBB ini merasa terpanggil untuk hadir dan turun melihat langsung ke titik pengungsian. Bukan semata-mata karena kapasitasnya sebagai salah satu orang penting di BNPB pusat namun karena rasa solidaritasnya sebagai anak daerah.

Adapun tujuan kedatangannya kali ini selain untuk memberikan beberapa bantuan, namun yang terpenting dan lebih diutamakan dari kunjungan kali ini adalah pada proses rehabilitasi metal atau tramua healing paska gempa pada anak-anak yang ada di lokasi pengungsian.

Untuk itu beliau bersama rombongan BNPB pusat ini, turut memboyong dua artis ibukota yang diserahi tugas menghibur dan memberi keceriaan bagi anak-anak dalam serangakaian kegiatan.

Dua artis ibukota yang turut hadir menghibur anak-anak di lokasi pengungsian Rindam Desa Waimital.

Kegiatan yang diawali dengan nonton bareng pemutaran animasi mengenai gempa, lalu ada nyanyi bersama, bagi-bagi hadiah, game dan beragam kegiatan lain ini, setidaknya diharapkan dapat membantu anak-anak ini untuk sejenak dapat melupakan trauma dan keresahan yang dialami paska gempa terjadi.

Rangkaian kegiatan ini sendiri dipusatkan di lokasi pengungsian di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) milik TNI yang ada di desa Waimital Kecamatan Kairatu, SBB pada Kamis (10/10/2019).

Antusiasme anak-anak yang nampak menikmati hiburan yang diadakan.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, Sekretaris Daerah (Sekda) SBB Mansur Tuharea, SH dan beberapa pimpinan OPD Pemkab SBB antara lain, Kadis Sosial Drs Joseph Rahanten, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nasir Suruali, ST, MT, Kadis Kesehatan dr Yohanis Tappang, M.Kes, Kadis PUPR Ir Thomas Wattimena, Kadis Kominfo Abdul Rahman ST dan Drs. Zulkifli Soulissa sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

LEAVE A REPLY