Taniwel,-BPOM di Ambon adakan bimbingan teknis Komunitas Keamanan Pangan Desa di Murnaten dan desa wakolo, Kabupaten. Seram Bagian Barat (SBB) pada Rabu (30/09) lalu.
Adapun,kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), yang sebelumnya pada 23 September diadakan bimtek Kader Keamanan Desa terlebih dulu.
Selain itu,masalah keamanan pangan menimbulkan masalah kesehatan masyarakat.. Selain terkait dengan kesehatan masyarakat, keamanan pangan juga berperan penting dalam meningkatkan perdagangan pangan yang akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Diharapkan setelah dilakukan intervensi keamanan pangan di dua desa tersebut dapat memberikan dampak pada penurunan angka stunting seperti yang ditargetkan pemerintah daerah.
Diketahui,keberhasilan program GKPD sangat ditentukan oleh peran dan keterlibatan para kader dalam membudayakan praktek keamanan pangan di komunitas desa di seluruh Indonesia.
Peserta Bimtek GKPD juga diberikan Demo cara Penggunaan Rapid Test kit untuk menguji bahan berbahaya dalam pangan dan diharapkan nantinya para kader ini dapat menggunakannya secara mandiri di komunitasnya.

LEAVE A REPLY