Piru- Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Kota Piru melonjak naik. Dari hasil pantauan harga bawang naik tajam hingga Rp.55.000/Kg dan harga bawang putih Rp.48.000/Kg.

Menurut informasi dari para pedagang Bawang merah dan bawang putih yang mereka jual dibeli dari beberapa toko di Piru dan ada juga dari  di kota Ambon sehingga membutuhkan ongkos angkutan dan buruh angkut.

Sementara itu, salah satu warga Piru Merry Manhintirissa dalam media antara membenarkan lonjakan harga bawang merah dan bawang putih di kota Piru dalam bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati SBB agar dapat mengintruksikan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis agar dapat intensig melakukan pantauan di pasar piru.

“Biasanya setiap pekan Tim dari Disperindag turun secara langsung memantau harga pasar, untuk itu, diharapkan agar peran tim dapat dioptimalkan gingga bisa terpantau baik stok maupun harga bawang.” Harap Merry.

Lanjut Merry, “Bupati bisa mengarahkan tim Satgas Pangan Pemkab SBB untuk melakukan pengawasan agar lonjakan harga barang maupun bahan pokok masyarakat lainnya terkendali sehingga tidak meresahkan masyarakat, terutama umat Islam yang sedang puasa dan akan memasuki Hari Raya Idul Fitri, tandas Merry”

Dirinya juga menyinggung harga gula pasir, dimana pedagang menjualnya Rp. 14.000/Kg. stok gula pasir cukup banyak dipasar dan para distributor biasanya memasok dari Makassar, Sulawesi Selatan maupun Surabaya, Jawa Timur sehingga masih tersedia cadangan kebutuhan pokok masyarakat kota Piru dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY