WAIHATU – DESA WAIHATU MERUPAKAN SALAH SATU CONTOH DESA TELADAN YANG HARUS DIAPRESIASI PENUH KEHIDUPAN SOSIALNYA. DESA YANG AWALNYA DIHUNI OLEH WARGA – WARGA TRANSMIGRAN YANG MENGIKUTI PROGRAM TRANSMIGRASI NASIONAL PADA TAHUN 1973 INI, DAHULUNYA HANYA DIDIAMI OLEH WARGA, BASUDARA  DARI 7 KABUPATEN DI PROVINSI JAWA TENGAH. SEIRING PERKEMBANGAN WAKTU, DESA WAIHATU INI TIDAK SAJA DIDIAMI OLEH WARGA TRANSMIGRAN DARI JAWA TENGAH, NAMUN TELAH BERBAUR JUGA DENGAN WARGA MASYARAKAT DARI SUKU LAINNYA. DESA WAIHATU INI PULA MENJADI SALAH SATU DESA AMAN YANG TIDAK MENGALAMI KONFLIK SARA PADA BEBERAPA TAHUN YANG LALU. INI MENANDAKAN, KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT DESA WAIHATU SANGATLAH BAIK.

MEMPERINGATI HUT KE – 45 DESA WAIHATU, MASYARAKAT DESA WAIHATU MELAKSANAKAN KIRAB BUDAYA 2018. PELAKSANAAN KIRAB INI DIAPRESIASI TINGGI OLEH BUPATI DENGAN TURUT HADIR MENYAKSIKAN PAGELARAN TERSEBUT.

“INI JUGA MERUPAKAN SALAH SATU HAL POSITIF UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA YANG DILAKUKAN MASYARAKAT DESA WAIHATU.  ANAK CUCU AKAN SELALU MENGINGAT DAN MENGETAHUI ASAL MUASAL KEBERADAAN MEREKA, WALAUPUN DISAAT INI MASYARAKAT DESA WAIHATU INI, BUKAN LAGI MASYARAKAT JAWA TAPI ADALAH MASYARAKAT BUMI SAKA MESE NUSA, MASYARAKAT MALUKU YANG KAYA AKAN ADAT BUDAYA, RASA PERSAUDARAAN, SRASA SALING MENGASIHI TANPA MELUPAKAN BUDAYA ASAL MEREKA” LANJUT BUPATI DALAM SAMBUTANNYA.

LEBIH LANJUT BUPATI MENGAHARAPKAN KEKAYAAN ADAT ISTIADAT  SEPERTI PELAKSANAAN KIRAB INI HARUS TERUS DILESTARIKAN SELAMA KEHIDUPAN MANUSIA BERLANGSUNG, SEHINGGA PEMERINTAH DAERAH AKAN MEMBERIKAN PERHATIAN SERIUS UNTUK KEDEPANNYA DAPAT MENJADI SEBUAH IKON BAGI PENGEMBANGAN SERAM BAGIAN BARAT KEARAH YANG LEBIH BAIK LAGI.

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNANNYA, TENTU SANGAT MENGHARAPKAN DUKUNGAN SERTA PERAN BERSAMA DALAM MEBANGUN KABUPATEN KITA BERSAMA MENJADI LEBIH BAIK KEDEPAN. “KAMI BERUSAHA MENCARI DAN MENCIPTAKAN SOLUSI – SOLUSI TERBAIK TERHADAP PEMBANGUNAN DAERAH SERTA PELAYANAN MAKSIMAL KEPADA MASYARAKAT. ALHAMDULILLAH, DENGAN KEBERSAMAAN, KESABARAN DAN KETABAHAN KITA SEMUA BERBAGAI PROGRAM PEMBANGUNAN YANG DIJALANKAN UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT SERAM BAGIAN BARAT YANG SEJAHTERA SERTA PEMBINAAN DAN PENINGKATAN SPIRITUALITAS UMAT YANG MENJAMIN TATANAN MASYARAKAT YANG BREKETUHANAN YANG MAHA ESA SERTA MENINGKATKAN TOLERANSI DAN KUALITAS PELAYANAN KEHIDUPAN BERAGAMA UNTUK MEMBENTUK WATAK, AKHLAK DAN TINGKAH LAKU YANG BAIK SESUAI DENGAN VISI MISI PEMERINTAH DAERAH DAPAT BERJALAN DENGAN SEGALA BAIK, WALAUPUN KAMI MENYADARI BAHWA MASIH BANYAK YANG BELUM KAMI LAKSANAKAN”. TEGAS BUPATI

BETA TERUS BERKEYAKINAN DAN BERUSAHA DENGAN SEKUAT TENAGA PAR BIKING BAE NEGERI INI, ALE DAN DONG SAMUA HARUS BAKU BANTU, BEKERJASAMA DAN BEKERJA BERSAMA-SAMA BIKING MANIS BUMI SAKA MESE YANG KATONG PUNYA INI. SEHINGGA ALLAH SWT IN SHAA ALLAH MEMBERKATI KATONG SAMUA !

 

 

 

LEAVE A REPLY