Piru – Sebagai gerakan berkemajuan, persyarikatan Muhammadiyah telah menunjukan berbagai eksistensinya, baik dalam sejarah panjang berdirinya NKRI, maupun kiprah nyata dalam penguatan masyarakat di berbagai dimensi kehidupan. Sebagaimana terlihat dalam catatan amal usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, sebagai awal implementasi gerakan dalam makna dan semangat surat Al- Ma’un. Ditahun 1911 (satu tahun sebelum berdirinya persyarikatan Muhammadiyah di tahun 1912 oleh KH. AHMAD DAHLAN) hingga saat ini jumlah amal usaha Muhammadiyah tingkat TK/TPQ sebanyak 4623 buah, SD/MI sebanyak 2604 buah, SMP/MTS sebanyak 1772 buah, SMA/SMK/MA sebanyak 1143 buah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebanyak 172 buah. Demikian halnya pada bidang kesehatan dan sosial. Muhammadiyah dikenal sebagai organisasi Islam yang kaya gagasan dan penuh kreatifitas, penyebaran amal usahanya diseluruh pelosok nusantara. Tidak hanya di kota-kota tapi juga di desa-desa dan termasuk di Kabupaten Seram Bagian Barat dalam basis dusun-dusun.

Lebih lanjut Bupati  berharap peran Muhammadiyah sebagai ormas cendikiawan muslim, untuk selalu bekerjasama dalam kemandirian serta memperkokoh jaringan dan solidaritas, juga bisa dijadikan patner atau mitra pemerintah dalam menjalankan roda pembangunan.  Selalu memberikan nilai-nilai komiten kebangsaan keumatan, dengan dasar independensinya diharapkan juga senantiasa berkontribusi poisitif dalam dinamika pembangunan daerah tanpa memiliki beban apapun.

Hal itu disampaikan Bupati dalam sambutannya saat menghadiri acara pengukuhan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Seram Bagian Barat periode 2015 – 2020, di gedung Hatutelu, Rabu 23/05/2018. “Saya atas nama pribadi maupun jajaran pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat mengucapkan selamat kepada segenap pimpinan dan majelis serta lembaga yang baru dikukuhkan, semoga apa yang menjadi pokok-pokok rumusan dalam musyawarah Pengurus Daerah Muhammadiyah dapat dikongkritkan dalam rumusan program kerja, yang dapat diimplementasikan guna menunjang kemajuan Kabupaten Seram Bagian Barat. sehingga cita-cita pemerintah daerah dalam slogan for kas bae sbb dapat sama-sama kita wujudkan”.

 

 

LEAVE A REPLY