Piru, Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd, berkesempatan membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis (BIMTEK) aplikasi simda pendapatan di Kabupaten Seram Bagian Barat yang berlangsung di aula pertemuan lantai 3 Kantor Bupati Seram Bagian Barat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Plt. Sekda SBB Hasanudin Sy. Silawane, SH para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemkab SBB, Kordinator Pengawasan Bidang APD BPKP Provinsi maluku dan rombongan serta para peserta bimtek.

Dalam sambutannya, Bupati SBB, mengatakan penerapan system informasi akuntasi pada pemerintah daerah diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 64 tahun 2013 tentang penerapan standar akutansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah yang mempunyai tujuan yaitu memperbaiki informasi yang dihasilkan. Program aplikasi simda pendapatan merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh pemerintah Kabupaten SEram Bagian Barat dalam rangka pengelolaan pendapatan dari proses pendaftaran sampai pada pelaporannya.

“Seiring dengan gema reformasi untuk terwujudnya goioid governance maka system informasi manajemen pendapatan daerah yang akan dibangun ini nantinya dapat menyediakan data dan informasi yang akan dimanfaatkan untuk mendukung kecepatan penyelenggaraan pemerintah di daerah dan kecepatan pengelolaan pendapatan daerah, sehingga penerapan aplikasi simda pendapatan ini untuk mempermudah dan mengoptimalkan pengelolaan pajak daerah dan simda pendapatan ini dinilai tepat untuk membantu pendapatan daerah.” Kata Bupati.

Katanya pula, kegiatan yang dilaksanaan saat ini untuk memperdalam system informasi manajemen (simda) khususnya pada badan pendapatan daerah Kabupaten Seram Bagian Barat untuk mengimput dan mengelola Janis-jenis pajak serta dengan simda pendapatan ini pendapatan pajak daerah bisa dikelola secara baik dan optimal dengan administrasi berbasis digital yang tentunya lebih baik.

Untuk itu, Bupati SBB berharap agar seluruh peserta dapat bersungguh-sungguh dan serius dalam mengikuti Bimtek ini dari awal hingga akhirnya. Sehingga kedepannya apa yang menjadi sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik.

“Saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan bimtek ini secara serius, disiplin, dan bertanggungjawab sehingga mampu menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber dan yang terpenting saudara-saudara dapat mampu mengimplementasikan pengelolaan penerimaan pendapatan daerah ini untuk keperluan penatausahaan keuangan daerah yang akuntabel” harap Bupati.

LEAVE A REPLY