Piru – Bupati Seram Bagian Barat sore tadi telah melantik dan mengambil sumpah 22 Pejabat Tinggi Pratama dan 8 Pejabat Administrator lingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat. Pelantikan yang dilakukan ini adalah mutasi atau rotasi dari dan diantara pejabat Pimpinan Tinggi Pratama berdasarkan hasil uji kompetensi yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 28 Juli 2021 lalu serta mutasi dan promosi dalam jabatan administrator. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kesesuaian kompetensi yang dimiliki dalam rangka mutasi JPT ke JPT lainnya dan/atau tetap pada JPT yang lama.

“Hal ini merupakan hal yang biasa di semua level pemerintahan. Mutasi atau rotasi serta promosi jabatan struktural dilakukan guna memberikan suasana dan tantangan baru, sehingga pejabat yang bersangkutan tidak terjebak dengan rutinitas sehari-hari yang cenderung membosankan serta untuk menimbulkan motivasi baru baik di trempat tugas yang baru maupun tetap di tempat tugas yang lama. Tujuan dari itu semua adalah dalam rangka untuk pembinaan dan pengembangan karier serta untuk melakukan penyegaran terhadap para pejabat struktural dalam birokrasi pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat ini” jelas Akerina

Lebih lanjut Politisi Nasdem ini mengatakan bahwa tantangan terberat dalam birokrasi pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat saat ini adalah : Pertama) masih rendahnya disiplin PNS, dan Kedua) masih rendah motivasi kerja.

Berdasarkan pengamatan dan penilaian setidaknya 2 faktor yang menonjol yang menyebabkan rendahnya disiplin dan motivasi kerja  pegawai di setiap perangkat daerah yaitu :

  1. Pendelegasian tugas oleh pimpinan yang tidak adil dan fleksibel kepada setiap pegawai sesuai tugas dan fungsinya sehingga menimbulkan isolasi sosial diantara para pegawai
  2. Adanya diskriminasi dari pimpinan perangkat daerah yang terlihat dari cara penilaian kepada pegawainya yang tidak berdasarkan kompetensi pegawai, melainkan penilaian subjektif – suka atau tidak suka.

Diakhir sambutannyaBupati berharap pejabat yang baru dilantik dapat membawa energi baru terutama dalam hal peningkatan disiplin dan motivasi kerja  demi meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di daerah Saka Mese Nusa ini.

 

 

LEAVE A REPLY