Piru: Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd membuka secara langsung kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2019 yang dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten SBB dengan LPMP Maluku di aula pertemuan lantai tiga kantor Bupati SBB.

Dalam sambutannya, Bupati Seram Bagian Barat mengatakan kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2019 merupakan kerjasama yang baik antara pusat dengan daerah untuk nantinya dapat mengembangkan mutu pendidikan di Kabupaten SBB agar lebih baik lagi. Sehingga diperlukan data yang benar guna dijadikan informasi bagi pengembangan mutu pendidikan di daerah ini.

“Tahapan ini namanya Quality Asurance dengan berfokus pada daya dan data yang akan dijadikan sebagai informasi mutu pendidikan sehingga data tersebut dapat menjawab jaminan mutu pendidikan sendiri, jika data tidak valid maka tentu perencanaan nantinya tidak akan baik.” ucap Bupati.

sementara itu,  Ketua Tim Satgas LPMP Provinsi Maluku, Ny. Olivia Latuconsina,M.Si mengatakan LPMP sebagai penyelenggara bertugas menyampaikan hasil peta mutu pendidikan dan hasil ini didapatkan dari raport mutu satuan pendidikan. terkait dengan 8 standar yang ada, maka laport peta mutu dikeluarkan untuk selanjutnya dianalisa dan disusun peta mutu bagi 11 Kabupaten/Kota yang berada di Provinsi Maluku. Kemudian di buatlah rekomendasi dari LPMP sehingga pemerintah daerah dapat menjadikannya sebagai dasar untuk mengambil keputusan sebagai tindaklanjut pengembangan mutu pendidikan.

Menyambung pernyataan Latuconsina, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat Sam Sangadji kepada awak media mengatakan kegiatan Desiminasi yang dilakukan LPMP ini sangat bermanfaat bagi pendidikan sebagai dasar untuk berpijak guna melaksanakan program ke depan.

“Tahun kemarin dinas pendidikan tidak memiliki data yang rinci seperti ini karena datanya secara makro sementara tahun 2019 ini atas usaha keras teman-teman pengawas dan kepala sekolah yang mana menyiapkan data-data valid yang dibutuhkan LPMP sehingga telah mendapat dasar pijakan untuk menuju pada peningkatan mutu pendidikan kedepan dengan berbagai program prioritas yang berfokus pada mutu pendidikan.” kata Sangadji.

LEAVE A REPLY