BUPATI SBB BUKA MUSREMBANG RPJMD KAB.SBB TAHUN 2017-2022

0
23

PIRU- Rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2017-2022 hendaklah dijadikan sebagai paying yang dapat memberikan arahan pembangunan. Oleh karena itu, RPJM harus dapat di implementasikan baik dalam penyusunan renstra OPD maupun sebagai arah perencanaan program pembangunan, sehingga dapat mencapai visi misi maupun arah pembangunan dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Hal ini dikatakan oleh Bupati Seram Bagian Barat Drs, M. Yasin Payapo. M.Pd ketika membuka secara resmi Musrembang RPJMD Kabupaten Seram Bagian Barat.

Bupati juga mengatakan keberhasilan implementasi RPJMD pada hakekatnya ditentukan oleh kemauan baik dan kerja keras aparatur Pemerintah Kabupaten maupun dukungan partisipasi aktif masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna.

Dengan demikian Musrembang RPJMD harus mendapatkan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategis, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Untuk itu, yang harus menjadi dasar perencanaan pembangunan daerah yang baik adalah memiliki data yang  tepat, benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya selama enam bulan semenjak dilantik menjadi Bupati Seram Bagian Barat, data yang dimiliki oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Seram Bagian Barat adalah data yang belum akurat.

“Ini permasalahan kita, permasalahan kabupaten Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat untuk merencanakan pembangunan tidak terarah sebab data yang dimiliki belum optimal, jika ingin merencanakan pembangunan yang diarahkan pada perwujudan masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat yang sejahtera, berbudi pekerti luhur, dan berbudaya berbasis potensi ekonomi local, maka setiap OPD harus memiliki data yang akurat, bagus dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga kedepan dapat menjadi bahan informasi bagi rencana penyusunan perencanaan daerah.” Kata bupati.

Untuk itu, Bupati Seram Bagian Barat mengharapkan agar lewat MUSREMBANG LPJMD dapat menjadi motivasi bagi seluruh OPD agar dapat mewujudkan proses perencaan pembangunan yang bertumbuh pada kapasitas dan potensi local yang membutuhkan sentuhan penguatan dan pengembangan pembangunan, guna mengakselerasi perubahan-perubahan yang fungsional dalam rangka mewujudkan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat yang maju dan berkualitas dan suasana kehidupan yang berkeadilan dan demokratis secara berkelanjutan, harap Bupati Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY