Piru- Bupati Seram Bagian Barat Drs.M.Yasin Payapo, M.Pd yang didampingi Sekretaris Daerah Mansur Tuharea, SH, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Drs. Gaspar A.R. Pesireron, Kadis Kesehatan Kab SBB, dr. Yohanis Tappang. M.Kes serta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkup Pemkab berkesempatan membuka kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Penerapan Tatanan Hidup Baru Produitif dan Aman Covid-19 Tahun 2020 di gedung Hatutelu Desa Piru, Kecamatan Seram Barat.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab SBB, Abraham Tuhenay, S.Pd, Kabag Pemerintaha Kabupaten SBB, Drs. Jems Kapuate. M.Si, RSUD Piru Dr. Jon, Danramil 1502-07/piru Kapten Inf Agung Prabowo, Camat Seram Barat serta para undangan lainnya.

Bupati Seram Bagian Barat Drs. M.Yasin Payapo dalam arahan singkatnya mengatakan, kita sama-sama mengetahui bahwa Covid -19 telah menjadi pandemi dunia saat ini termasuk Indonesia. Covid-19 membuat sendi-sendi perekonomian masyarakat menjadi terganggu, dampaknya juga mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku sosial masyarakat.

Untuk itu, Kabupaten Seram Bagian Barat dalam memproteksi dampak Covid-19 telah melaksanakan berbagai kebijakan strategis sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid -19, seperti sosialisasi kepada masyarakat tentang protokoler kesehatan yakni; Pakai Masker,Cuci tangan pakai sabun dan lain-lain. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan hidup masyarakat dari hari ke hari maka aktifitas masyarakat harus dilanjutkan meskipun pada masa pandemi covid-19.

Olehnya itu, pada bulan Mei Tahun 2020 Pemerintah melaksanakan Program Inovatif yakni Lomba Inovasi Daerah dalam penyiapan tatanan kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19 Tingkat Nasional yang Mencakup 7 Sektor penting dan mendasar untuk kebutuhan masyarakat.

Keikutsertaan Kabupaten Seram Bagian Barat dalam lomba inovasi tersebut berhasil merebut 7 gelar juara yang di lombakan dengan total hadiah sebesar Rp.13.000.000.000,- dalam bentuk dana insentif daerah antara lain” Juara I Sektor Pasar Moderen, Juara II Sektor Pasar Tradisional, Juara II Sektor PTSP, Juara II Sektor Perhotelan, Juara II Sektor Transportasi Umum. Meraih Juara III Sektor Restoran, Juara III Sektor Pariwisata,

Selanjutnya dalam memeriahkan HUT RI yang ke 75 pada tanggal 17 Agustus 2020 Pemerintah Daerah melaksanakan satu kegiatan Inovasi terkaid Covid -19 yakni lomba film pendek penyiapan tatanan kehidupan Normal Baru. Pemberian Penghargaan kepada, 7 (tujuh) sektor pemenang lomba Inovasi penyiapan tatanan kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19 yakni penyerahan Piagam, masker dan CD Vidio.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan evaluasi penerapan tatanan kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19 oleh” Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab SBB, Drs. Gaspar A.R. Pesireron.

Kadis Kesehatan Kab SBB, dr. Yohanis Tappang. M.Kes, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab SBB, Abraham Tuhenay, S.Pd, Kabag Pemerintaha Kab SBB, Drs. Jems Kapuate. M.Si, Dr. Jon dari RSUD piru.

LEAVE A REPLY