PIRU-Bupati Seram Bagian Barat Drs. M. Yasin Payapo hadiri peletakan batu pertama Masjid Nurul Amin yang terletak di Dusun Pohon Batu, Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu(08/08/2018).

Turut menghadiri acara Perwakilan Kemenag SBB, Kepala OPD lingkup Kab.SBB, Kepala MUI SBB, Perwakilan DPRD, Perwakilan Polres SBB, perwakilan Danramil Kodim 1502 Piru, Camat Seram Barat, Pejabat Desa Kawa, Para Kepala Dusun Ketuanan Desa Kawa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh pemuda.

Dalam sambutannya Bupati SBB mengingatkan bahwa membangun masjid merupakan perintah agama, sebagaimana telah disabdakan oleh Rasulullah, barangsiapa yang membangun masjid karena Allah SWT, dia akan dibangunkan rumahnya di Syurga.

Beliau juga ingatkan bahwa mendirikan masjid bukan hanya mendirikan fisik semata, tetapi bagaimana membangun dan memfungsikan masjid dalam hal bertakwa kepada Allah SWT.

“Masjid yang lama dinilai sudah tidak bisa menampung jamaah yang berada di dusun pohon batu pada saat menjalankan ibadah seperti sholat Jumat,  Sholat Ied, dan kegiatan keagamaan lainnya. Olehnya pembangunan masjid baru harus dilakukan sesuai perencanaan dan hari ini peletakan batu pertama, serta saya berharap semoga selesai tepat pada waktunya,” Tambah Beliau.

Lebih lanjut Payapo menambahkan, dengan adanya masjid tersebut diharapkan kepada seluruh masyarakat sekitar untuk menjaga masjid ini dengan baik. Ia mengingatkan Jangan hanya masjid difungsikan sebagai tempat sholat tetapi dapat difungsikan sebagai tempat pengambilan musyawarah dusun serta diisi dengan dengan kegiatan yang positif seperti mengaji dan lain-lain.

Pengelolaan masjid juga merupakan hal yang harus dilakukan,Beliau menyampaikan ada 4 hal penting terkait pengelolaan masjid yaitu, membina dan memelihara masjid sesuai dengan tuntutan agama Islam, memelihara dan mempertahankan masjid sebagai lambing kesatuan umat, membina dan memelihara silaturahmi sesama jamaah masjid dan masyarakat sekitar dan mengoptimalkan fungsi masjid sebagai pusat dakwah agama Islam.

Adapun yang meletakan batu pertama masjid Nurul Amin berturut-turut adalah langsung oleh Bapak Bupati Seram Bagian Barat, Perwakilan Ketua DPRD Kab. SBB, Perwakilan Kepala Kantor Kemenang SBB, perwakilan Kapolres SBB, Perwakilan Danramil Kodim 1502 Piru, Pejabat Desa Kawa, dan Perwakilan Bapak Haji Abu Bakar warga setempat.

LEAVE A REPLY