Pakarena : Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo,M.Pd yang didampingi istri dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkesempatan menghadiri acara Pemasangan Kubah Mesjid Nurul Muttaqim Dusun Pakarena, Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu.

Turuh hadir pula, ” Camat Kairatu M,S Tutupoho. SE, Kepala KUA Kec. Kairatu Drs Masud. Asel, Pejabat Desa Kairatu M.Christian Rumahlatu.

Bupati Seram Bagian Barat Drs. M.Yasin Payapo.S.Pd.M.Pd dalam sambutannya mengatakan  Pemasangan Kubah Masjid adalah budaya Islam di Maluku, sebagai tanda bahwa Mesjid itu sudah rampung dan dapat digunakan. Menurut catatan sejarah, pembangunan Masjid merupakan titik awal pembangunan peradaban umat Islam, karena masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah Nurul Muttaqim juga merupakan pusat peradaban Islam, disamping sebagai pusat Peradaban, Masjid juga sebagai tempat suci bagi umat Islam, sebagai wadah bagi umat islam untuk membina jemaahnya dalam menghadapi pokok-pokok persoalan hidup sekaligus berfungsi sebagai tempat untuk menyelesaikan persoalan – persoalan keuamatan.

Lanjutnya, Dalam mewujudkan pembangunan Masjid, tentunya tidak hanya berlandaskan bangunannya secara fisik semata, namun lebih daripada itu harus pula disertai dengan peningkatan kualitas pengalaman dan pemahaman. Oleh karena itu, beramai-ramailah didalam memenuhi panggilan sholat di Masjid sekaligus juga mempertebal rasa ukhuwah islamiyah dan mempererat silaturahmi antar sesama. Menyadari akan peran dan fungsi masjid maka seyogyanya pembangunan sebuah masjid tidak sekedar ditunjuk sebagai tempat ritualitas ibadah semata, akan tetapi lebih dari itu, masjid harus dibangun dengan beragam aktivitas yang mampu berperan dalam memberikan pembinaan kepada umat terutama masalah pembinaan Aqidah, Akhlak, Ibadah dan pembinaan sosial kemasyarakatan.

“Pembangunan mesjid dan pemasangan Kubah pada Masjid Nurul Muttaqin Dusun Pakarena ini, harus menjadi momentum dalam peningkatan Iman dan Taqwa, sekaligus sebagai manifestasi dari kuatnya semangat masyarakat di Daerah ini dalam meningkatkan Kalimat Allah SWT melalui dakwah dan syiar agama Islam melalu masjid. Sebagai umat yang beragama saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih memperhatikan tempat-tempat ibadah secara maksimal sebagai pusat pengembangan Visi Dakwah Damai, bukan hanya damai pasif tetapi damai secara aktif dalam rangka kita mewujudkan Visi dan Misi pembangunan Kabupaten Seram Bagian Barat” ucap Bupati.

Katanya pula, Sekali lagi kami Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih Kepada seluruh Masyarakat dan Pemerintah Negeri Kailolo yang dapat memberikan Kubah Masjid Nurul Muttaqim Dusun Pakarena Desa Kairatu. Prosesi Pemasangan Kubah Nurul Muttaqim Dusun Pakarena tandai dengan penguntingan pita oleh Bupati SBB.

LEAVE A REPLY