Hulung-Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd berkesempatan menghadiri acara ritual Sasi Adat Laut Negeri Hulung, Kecamatan Taniwel (11/08/2020)

Dalam kegiatan tersebut turut pula dihadiri Wakil Bupati SBB Timotius Akerina SE.M.Si, Forkopimda lengkap, Waka Polres SBB Kompol Akmil Djapa.S.Ag dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab SBB.

Setibanya rombongan Bupati di arahkan menuju rumah tua adat Negeri Hulung “Kois Touwe” guna berkumpul bersama, dan selanjutnya menuju ke Balai Negeri guna lanjutkan prosesi adat Pasawari dan makan siri pinang di dalam Balai Desa/Baileo Hulung.

Dalam sambutannya Bupati SBB Drs. H.M.Yasin Payapo.S.Pd.M.Pd mengatakan selaku pimpinan daerah, saya sangat menyambut baik dan berterima kasih bagi Pemerintah Desa serta masyarakat Desa Hulung Kec.Taniwel yang telah berupaya malaksanakan acara Sasi adat Laut Negeri Hulung.

“Kebiasaan Membom ikan ,meracuni ikan merupakan bagian dari kegiatan merusak lingkungan laut, saya berharap degan adanya kegiatan Sasi laut ini membawa makna dan dampak positif bagi masyarakat. Kita harus bangga karena Kabupaten Seram Bagian Barat pada bulan kemarin berhasil dalam mengikuti lomba Inovasi Daerah Tingkat Nasional pada Kementrian Dalam Negeri dan berhasil keluar sebagai salah satu peserta terbaik dalam menciptakan Tatanan Adaptasi Kebiasaan (New Normal Life) sehingga mendapat 1 medali emas,4 medali perak dan 2 medali perunggu. Beber Payapo

Tambahnya, kita juga turut serta mendapatkan perghargaan uang pembinaan sebesar 13 Milyar, sehingga Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kab.SBB mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan acara ritual Sasi Adat Laut Negeri Hulung.

selanjutnya Bupati SBB bersama rombongan serta Tua-tua Adat meninggalkan Balai Desa/ Baileo menuju ke lokasi pelaksanaan ritual Sasi Laut Negeri Hulung. Tiba di lokasi adat, kemudian dilanjutkan dengan Pasawari oleh Ketua adat Negeri Hulung  dan dilanjutkan dengan pemancangan tiang Sasi Adat Laut Negeri Hulung oleh Bupati SBB Drs.M.Yasin Payapo.S.Pd, M.Pd, diikuti oleh Tua-tua adat.

LEAVE A REPLY