Piru: Bupati Seram Bagian Barat, M. Yasin Payopo akan meminta Pemerintah Provinsi Maluku, untuk membangun beberapa ruas jalan yang berstatus jalan Provinsi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).
“Ruas jalan provinsi, bukan merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten SBB,” kata Payopo saat melakukan dialog dengan masyarakat desa Kairatu, Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB di Balai Pertemuan Desa Kairatu, Rabu (17/07/2020).
Dijelaskan, untuk ruas jalan Provinsi akan melakukan koordinasi dengan Gubernur Maluku, agar dapat membangun ruas jalan di Kabupaten SBB yang merupakan ruas jalan provinsi.
“Sementara untuk ruas jalan yang status jalannnya kabupaten, akan segera dibangun,” kata Payapo saat menjawab pertanyaan tokoh masyarakat Kairatu tentang beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan di desa Kairatu.
Pemerintah Kabupaten SBB, tambah dia, akan segera membangun Rumah Sakit dan memperbaiki pasar di desa Kairatu yang merupakan ibukota Kecamatan Kairatu, namun harus ada peran serta masyarakat dalam masalah lahan.
“Saya berharap agar masyarakat rela untuk memberikan lahannya, kita pemerintah siap bayar ganti rugi tanah masyarakat yang mau memberikan lahannya untuk pembangunan,” harap Payapo.
Dialog dengan masyarakat Kairatu ini, merupakan imbas dari penghadangan terhadap mobil rombangan Bupati pada Minggu (14/06/2020) kemarin di desa Kairatu dan dalam dialog tersebut dihadiri oleh Sekda SBB Mansur Tuharea, Forkopimda SBB, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten SBB dan para tokoh agama.
Usai melakukan dialog dengan masyarakat Kairatu, Bupati SBB dan rombongan melakukan peninjauan lahan untuk pembangunan rumah sakit dan juga melakukan kunjungan ke pasar Kairatu, Bupati SBB sempat melakukan dialog dengan para pedagang.

LEAVE A REPLY