PIRU-Bupati Seram Bagian Barat, Drs. M.Yasin Payapo,M.Pd menghadiri sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Sosialisasi Penataan dan Pembentukan daerah persiapan serta penegasan batas wilayah calon daerah persiapan dan desa persiapan yang dilaksanakan oleh Badan Pemerintah Desa Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2017 di lantai tiga Kantor Bupati SBB, jalan Jacobus Puttileihalat, Desa Morekau.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para camat, para Kepala Desa dan ketua BPD se-Kabupaten Seram Bagian Barat, tokoh keterwakilan beberapa Kepala Dusun (KADUS) serta tim pemekaran Huamual, Talabatai dan tim pemekaran Kecamatan Nusa Puan (Buano), Kelang dan Taniwel Selatan (pegunungan).

Dalam sambutanya,  Bupati Seram Bagian Barat mengatakan, proses pembentukan daerah persiapan dan desa persiapan tentu melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang ada.

Oleh karena itu, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang penataan daerah baru diisyaratkan pembentukan daerah baru yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan publik dan mempercepat pertumbuhan pembangunan daerah.

Katanya pula, beberapa aspek penentuan suatu daerah baru diantaranya, aspek keamanan, kemampuan ekonomi, luas wilayah, potensi daerah dan jumlah penduduk serta pertimbangan aspek politik maupun sosial budaya sangat menentukan percepatan pembangunan daerah.

“Bertolak dari tahun 2015 pemerintah daerah telah mengupayakan pengusulan daerah pemekaran baru salah satunya desa persiapan, namun usulan tersebut ditolak berdasarkan rekomendasi desa defenitif tidak ikut sertakan dalam lampiran usulan tersebut”. Jelas Payapo

“Untuk itu, Bupati menegaskan agar daerah dan dusun yang akan mengusulkan untuk menjadi desa persiapan perlu adanya persetujuan dari desa defenitif agar proses dan tahapan pengusulan tidak  mengalami hambatan”. Tegasnya.

Dalam sosialisasi itu juga dilakukan penandatanganan Berita Acara bagi 10 Dusun yang statusnya akan dijadikan desa persiapan, diantaranya, Desa Lisabata (Kecamatan Taniwel), Desa Sawely (Kecamatan Taniwel), Desa Tomi-Tomi (Pulau Kelang), Desa Tihu (Pulau Kelang), Desa Tiang bendera (Pulau Kelang), desa Ursana (Kecamatan Inamosol), Desa Sokowati (Kecamatan Inamosol), Desa Kawatu (Kecamatan Inamosol), Desa Tawaby Jaya (Kecamatan Waisala) dan Desa Abio (Kecamatan Elpaputih).

LEAVE A REPLY