Piru-Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd menghadiri syukuran Pemanfaatan Gedung Unit Metrologi Legal Kabupaten Seram Bagian Barat di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seram Bagian Barat jalan Trans Seram.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, SH, Kapolres Seram Bagian Barat AKBP. Agus Setiawan S.IK, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBB, dan para perwakilan pedagang pasar piru.

Bupati SBB dalam sambutannya mengatakan pembangunan kantor dan laboratorium Kementrologian dan Pembentukan Unit Metrologi legal di kabupaten Seram Bagian Barat bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat melalui jaminan dan kebenaran pengukuran serta adanya keteriban dan kepastian hokum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur takar, timbang dan perlengkapan (UTTP) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

“Salah satu tugas yang diemban oleh Unit Metrologi Legal adalah memberikan pelayanan tera dan tera ulang terhadap alat ukur takar, timbang dan pelengkapan (UTTP) yang digunakan dalam transaksi perdagangan.” Kata Bupati.

Katanya pula, tera dan tera ulang adalah kegiatan pengamatan, pengujian dan diakhiri dengan pemberian cap tanda tera sah atau batal terhadap petunjuk kerja suatu alat ukur, takar, timbang dan pelengkapannya. Sehingga konsumen dapat memperoleh barang sesuai dengan ukuran yang tepat dengan nilai tukar yang dibayarkan, sedangkan pedagang terlindungi dari kerugian karena memberikan barang yang melebihi volume yang disepakati.

Seperti motto metrologi “BATJANA PATAKARAN, PRALAJA KAPRADANAAN yaitu memberdayakan ukuran, menghilangkan kepercayaan, yang artinya penyalahgunaan ukuran atau takaran akan menimbulkan ketidakpercayaan.” Sehingga dapat meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat, pelayanan ini juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi tera dan tera ulang sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang kenijakan umum pajak daerah dan Retribusi Daerah.

“Unit Metrologi Legal Kabupaten Seram Bagian Barat, dalam melakukan tugas dan fungsinya dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Selanjutnya, pengukuran kinerja sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan sebagai bahan evaluasi di masa yang akan datang.” Tegas Bupati.

Untuk itu, Bupati berharap agar melalui pemanfaatan kantor dan laboratorium kemeterologian serta pembentukan unit metrology legal Kabupaten SBB akan berdampak luas pada upaya peningkatan perlindungan konsumen dalam rangka memberikan jaminan hasil pengukuran di Kabupaten SBB, Harap Bupati.

Peresmian Gedung Unit Metrologi Legal Kabupaten Seram Bagian Barat ditandai tengan penekanan Sirine oleh Bupati Seram Bagian Barat yang didampingi oleh Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, SH dan Kapolres Seram Bagian Barat AKBP. Agus Setiawan. SIK.

LEAVE A REPLY