PIRU- Bupati Seram Bagian Barat Drs. Moh Yasin Payapo.M.Pd berkesempatan membuka dengan resmi pencangan kampanye kelambu massal yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat di balai Desa Neniari. Kegiatan yang bertemakan “Ganti Kelambu lama dengan kelambu baru.”  Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Seram Bagian Barat, Para OPD lingkup Pemerintah Daerah, para petugas Kesehatan dan masyarakat .

Menurut ketua pelaksana kegiatan Paulus Alfons,SKM,M.Kes  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kampanye kalambu massal didasari atas UU Nomor 4 tahun1984 tentang wabah, UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, peraturan pemerintah Nomor 40 Tahun 1991 Tentang Pedoman Eliminasi wabah penyakit menular, dan Keputusan menteri kesehatan RI Nomor  293/Menkes/SK/IV/2009 Tanggal 29 April 2009 Tentang Eliminasi  Malaria di Indonesia.

Katanya pula, tujuan dari kegiatan tersebut adalah demi terwujudnya masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat yang hidup sehat dan terbebas dari Malaria secara bertahapsampai  Tahun  2024, meningkatkan  Komitmen para stakeholder di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa untuk melakukan eiminasu malaria, Meningkatkan kapasitas petugas kesehatan dalam  pengendalian malaria, meningkatkan kesadaran dan aksi nyata seuruh mitra  untuk berperan aktif  dalam eliminasi  malaria dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat  untuk berperilaku hidup bersih dan sehat  dalam upaya pencegahan malaria.

Pembukaan Pencanangan oleh Bupati Seram Bagian Barat ditandai dengan pemukulan tifa, dan pemberian kelambu secara simbolis kepada unsur OPD, Camat Seram Barat, dan masyarakat.

LEAVE A REPLY