Setelah dikarantina selama dua hari di hotel Amboina Piru, sebanyak 123 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Seram Bagian (Kab.SBB)Tahun 2019 M/1440 H lepas oleh Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat bapak Drs. Yasin Payapo, MPd pada Minggu (14/07/2019).

Bertempat di gedung Hatutelu kota Piru, acara dibuka dengan pembacaan Talbiah yang dipandu Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab SBB, Bpk Abdul Gani Wael, S.Ag yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Arni Na’fiah Siombiwi S.Hum, sebagai juara 1 Tilawah Remaja Putri pada MTQ ke 29 tingkat Provinsi Maluku tahun 2019 di Namlea.

Calon Jemaah Haji yang hadir dalam acara pelepasan oleh Bapak Bupati Kab. SBB

Usai laporan Kepala staf Penyelenggara Haji Kab. SBB dalam hal ini Taslim Tuasikal S,Ag. selaku Kakankemenag SBB, Bupati Kab.SBB kemudian diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan sekaligus melepaskan secara simbolis CJH. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan “Keberangkatan ke 123 orang CJH ini merupakan awal dari niat  yang tulus untuk mengharap ridho Allah SWT. Sebagai rukun Islam yang lima, ibadah haji ini kiranya nanti dapat bermuara pada perubahan perilaku ke arah lebih baik dan mampu menjadi teladan bagi sesama manusia, daerah, bangsa dan negara”.

Bupati Kab. SBB Drs. Yasin Payapo, MPd saat menyampaikan sambutan.

“Para CJH juga hendaknya dapat memahami hakekat dari Ibadah haji itu sendiri, baik secara lahiria maupun batiniah. Bukan hanya terbatas pada ibadah fisik semata seperti Tawaf dan Sa’i tapi juga ibadah batin yakni Wukuf, agar kita dapat melepaskan segala sifat dan tabiat yang pernah kita kerjakan sebelumnya” sambung beliau.

Bupati menambahkan “pada acara ini pula kami mewakili Pemda SBB akan mencanangkan dua hal sekaligus, yakni pertama Pencanangan Percepatan Pembangunan Masjid Agung Nurul Yasin yang akan dibangun di kota Piru dan kedua Pencanangan Gerakan Reaksi Cepat Perbaikan Pelayanan Pemerintah”.

Menutup sambutannya Bupati berpesan “selama menjalankan Ibadah haji di tanah suci nanti, jemaah sekalian diharapkan selalu menjaga kesehatan masing-masing karena kondisi cuaca yang berbeda dengan di sini dan selalu berkoodinasi dengan petugas medis pendamping yang ada di sana. CJH juga jangan lupa mendoakan kita di tanah air terlebih khusus kita di Kab. SBB agar selalu dalam lindungan Allah SWT dan mendoakan juga dua pencanangan yang sudah sebutkan tadi. Akhirnya saya mewakili Pemda dan Masyarakat SBB mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Haji dan dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas kiranya bapak ibu sekalian dapat kembali dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur dan mabrurroh.”

Usai Bupati secara simbolis menyerahkan bendara Merah putih dan Bendera kabupaten kepada ketua kontingan CJH Kab. SBB sebagai tanda pelepasan acara berlanjut dengan pencanangan dan penyerahan batu alas pembangunan Masjid Agung SBB yang akan di bangun di kota Piru. Acara lalu ditutup dengan foto bersama antara Bupati dan para Undangan beserta dengan CJH.

Foto bersama Bupati dan Calon Jemaah Haji Kab. SBB

CJH kemudian dari kota Piru nantinya akan menuju kota Ambon dan menginap di asrama Haji Waiheru sebelum diberangkatkan menuju Makassar sebagai lokasi Embarkasi.

LEAVE A REPLY