PIRU-Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah Dalam mewujudkan agenda Nawacita dalm RPJMN 2015-2019. Program Inovasi Desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Hal itu disampaikan Bupati Seram Bagian Barat diwakili Sekretaris Daerah Mansur Tuharea, SH  saat membuka acara Bursa Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat yang diselengarakan di Gedung Hatutelu-Piru, Rabu (21/11/18).

“Untuk memfasilitasi forum penyebaran dan pertukaran inovasi masyarakat yang berkembang  di desa-desa, maka dilaksanakan Bursa Inovasi Desa pada hari ini”,Ujarnya.

Beliau ingatkan Bursa Inovasi  Desa hari ini tentunya bukan pameran produk seperti selama ini yang dikenal oleh oleh pemerintah desa dalam hal pembangunan desa, tetapi harus sesuai dengan ide-ide kreatif dalam pembangunan desa. Yang harapannya dapat mempengaruhi kualitas perencanaan dan penganggaran pembangunan desa untuk tahun 2019 mendatang.

Karena itu Pemerintah Daerah menyambut baik pelaksanaan bursa inovasi desa dan mengharapkan agar seluruh peserta dapat mempelajari keseluruhan menu yang tersedia baik pada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, bidang pembangunan sumber daya manusia maupun infrakstruktur desa.

Lebih lanjut Beliau mengatakan, pembangunan inovasi desa yang ditawarkan oleh Program Inovasi Desa sangat sejalan dengan visi Pemerintah Daerah Kab. SBB yang pada intinya untuk bersama-sama memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat diseluruh pelosok Kab. SBB.

“Karena itu, dalam kesempatan ini, Pemerintah Daerah ingin memberikan kepastian akan perlindungan dan jaminan pada usaha-usaha pengembangan inovasi desa, yang kemudian akan dipandu pelaksanaannya oleh Tim Inovasi Kab. SBB bersama-sama dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa di seluruh Kecamatan, dengan dukungan para tenaga pendamping professional”,Tambah Beliau.

Terakhir Beliau sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Tim Inovasi Desa Kab.SBB,  Tim pelaksana inovasi desa, serta seluruh jajaran tenaga pendamping profesionalyang telah berupaya mempersiapkan pelaksanaan bursa inovasi desa ini.

Turut hadir dalam kegiatan, Koordinator Provinsi P3MD dan PID KPW 5 Provinsi Maluku, para Pimpinan OPD Kabupaten Seram bagian Barat, Tim Inovasi  Kab. SBB, Camat se-Kabupaten SBB beserta rombongan, Kepala Desa, Pejabat Desa, Ketua BPD  serta Tokoh mayarakat.

LEAVE A REPLY