Abio-Mewakili Bupati SBB, Camat Elpaputih Julie Nahuway,SSTP meresmikan balai desa persiapan Abio Desa Ahiolo Abio Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam sambutan Bupati Seram Bagian Barat yang dibacakan oleh Camat Elpaputih Julie Nahuway,SSTP mengatakan  Balai pertemuan merupakan sarana prasarana yang sangat dibutuhkan oleh semua satuan organisasi lembaga kemasyarakatan desa, yang dapat menunjang proses bermusyawarah serta perencanaan pembangunan untuk mencapai tujuan bersama yang akan dicapai. Walaupun sarana/prasarana yang di bangun ini masih terbatas namun dapat dimanfaatkan dengan baik, karena tidak semua desa atau dusun di daerah ini sudah memiliki sarana yang lebih representative seperti ini.

Selain itu, balai desa ini juga dapat dimultifungsikan baik sebagai sarana pertemuan maupun sarana proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan, terutama bagi dusun Abio yang sekarang ini sudah ditetapkan menjadi desa persiapan, serta telah dikeluarkannya registrasi kode desa oleh pemerintah Provinsi Maluku, dan akan berproses lebih lanjut sampai ditetapkan menjadi desa defenitif.

Untuk itu, Bupati berharap  agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara serta memanfaatkan dengan baik kondisi keamanan dalam rangka mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa. Perlu juga diingat kepada pemerintah desa dan semua masyarakat bahwa dengan anggaran desa yang besar ini, berpotensi untuk membangun desa dengan cepat, tapi disamping itu, dana desa ini berpotensi juga untuk mengiring orang ke rana hukum.

Pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa harus dilakukan dengan perencanaan yang baik, secara partisipasif melibatkan semua komponen masyarakat secara proporsional, harus transparan, akuntabel, dan tepat sasaran. Jangan sampai pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa disalahgunakan, selain akan merugikan masyarakat. Pemerintah akan menindak semua pelanggaran yang terjadi sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Saya berharap agar masyarakat  dapat mengontrol atau mengawasi dengan langsung pengelolaan dan pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa disetiap desanya masing-masing, yang dilakukan dengan arif, secara korektif, dan sesuai aturan.

“Masyarakat tidak boleh terkesan memaksakan kehendak pribadi atau mencari-cari kesalahan pemerintah desanya, apalagi menuduh yang tidak benar, hanya karena kecemburuan dan kecurigaan emosional yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri.” Kata Bupati.

Bupati SBB juga mengajak masyarakat Desa Ahiolo-Abio untuk tetap dapat menjalin hubungan kerjasama secara baik, menunjang pemerintah desa untuk membangun desanya.

LEAVE A REPLY