Taniwel- Menjawab poblematika dunia pendidikan dalam suasana pandemic covid-19 di Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, maka Babinsa Koramil 1502-06/Taniwel Kodim 1502/Masohi turut ambil bagian dalam memberikan pelajaran bagi anak-anak sekolah di Kecamatan Taniwel.

Gerakan Babinsa Koramil 1502-06/Taniwel Kodim 1502/Masohi menjadi guru agar anak-anak generasi bangsa tetap mendapatkan pendidikan walau virus corona menjadi ancaman. Hal ini juga disadari bahwa pada bulan Maret lalu Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan untuk melakukan pembelajaran dari rumah (study from home) sebagai salah satu jaga pembatasan pergerakan untuk menekan angka persebaran virus corona.

Babinsa Serka Jidon Frans merasa tergugah dan terpanggil untuk mendarmabaktikan waktunya untuk mengajar siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah binaannya, yaitu di Desa Taniwel Kec Taniwel.

Banyak sekali cerita mengenai bagaimana Babinsa sebagai guru dapat membantu melakukan mengajarkan ilmu pada muridnya namun dengan metode yang berbeda dengan cara mengumpulkan murid pada salah satu rumah warga atau rumah wali murid dengan belajar secara kelompok dengan jumlah sekitar 10 siswa-siswi dengan materi umum sesuai dengan kurikulum saat ini khsusunya Materi pengetahuan Sosial (Tema pengetahun sosial).

Kegiatann ini merupakan penyesuain secara pelan-pelan mencoba untuk bersikap sewajarnya, tidak mungkin untuk sempurna tanpa melakukan percobaan. Mengingat dunia pendidikan sangatlah penting sehinga dalam menentukan metoda pembelajaran tersebut perlu pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Para orang tua murid sangatlah menyambut senang dengan upaya babinsa melakukan pendampingan untuk mengajar tersebut, mengingat peran Babinsa juga terus melakukan pendisiplinan untuk melakukan protokol kesehatan. Mengajar di tengah pandemi tentu akan sangat berbeda dengan pembelajaran reguler, Babinsa yang sebagi Gurupun perlu menyesuaikan dengan keadaan.

LEAVE A REPLY