Piru-Jalan merupakan akses vital transportasi darat yang merupakan penghubung antar daerah. Bukan hanya sebagai jalur transportasi manusia, tapi juga sebagai akses transportasi barang, apalagi bagi masyarakat yang bermukim di daerah pegunungan.

Suasana bahagia saat ini dirasakan oleh masyarakat yang ada pada tujuh (7) Desa yang bermukim di pegunungan kecamatan Taniwel, masing-masing Desa Uweth, Desa Buria, Desa Laturake, Desa Riryn, Desa Rumasoal dan Desa Neniari Gunung dan Desa Lohia-sapalewa, Kecamatan Tanuwel, kabupaten Seram Bagian Barat-Maluku.

Kepada media ini Senin (29/7/19) di piru, Pejabat Kepala Desa Buria, Yaya Mawene mengatakan bahwa mereka sangat bersyukur, karena akses jalan yang dirindukan selama bertahun-tahun dapat diwujudkan oleh pemerintah kabupaten saat ini. “Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Negri Buria mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sitinggi-tingginya kepada bapak Bupati Seram Bagian Barat M.Yasin Payapo, yang sudah mewujudkan mimpi kami selama ini” Ungkap Mawene.

Sementara itu, selain akses jalan yang dibuka oleh Pemkab SBB, besar harapan juga bisa terealisasinya peningkatan status Puskesmas Pembantu (Pustu) menjadi Puskesmas Rawat inap dan penyelesaian sisa jalan yang belum digusur (sekitar 8 Km). Hal ini disampaikan oleh penjabat Kepala Desa Riring. “Kami warga masyarakat Riryn sangat mengharapkan adanya proses penyelesaian penggusuran jalan yang sisa 8 km itu dan juga kami sangat mengharapkan sekali peningkatan status Pustu menjadi Puskesmas dan penempatan tenaga dokter, agar masyarakat kami dapat berobat dengan baik dan tidak pergi jauh lagi ke kota kecamatan yang berjarak puluhan kilo meter”.

Untuk diketahui, selain peningkatan status Pustu dan penyelesaian sisa jalan, masyarakat yang berada di 7 Negeri ini juga mengaharapkan adanya pemekaran kecamatan baru di daerah mereka, sebagai langkah untuk memperpendek rentang kendali dari aspek pelayanan pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Ketujuh Pejabat Desa yang ada di pegunungan Taniwel antara lain :

1. Marten Lumamuli Pejabat Desa Uwet
2. Yahya Mawene Pejabat Desa Buria
3. Thomas Andre Mawene Pejabat Desa Laturake
4. Christian Lumaesan Pejabat Desa Riring
5. Alexander Ely Pejabat Desa Rumasoal
6. Lumapuy Pejabat Neniari gunung
7. Suriale Pejabat Lohiasapalewa

LEAVE A REPLY