Piru. Desa Lohiatala, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai desa adat telah memiliki Baileo Negeri adat yang bernama Sisina Lesiela Selulatu. Baileo yang diresmikan secara langsung oleh Gubenur Maluku Ir. Said Assagaff dan Bupati Seram Bagian Barat, Drs. Moh Yasin Payapo M.Pd. beberapa pekan lalu. Memberi peranan penting bagi tatanan kehidupan masyarakat adat didesa tersebut.

Fungsi dan peranan Baileo sebagai rumah masyawarah adat, sekaligus tempat berkumpul dan musyawarah jika terjadi peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan tatanan adat. Hal ini dikatakan oleh Gubernur Maluku Ketika meresmikan Baileo Hena Laturake.

Katanya pula, “Pemerintah Provinsi Maluku  memprioritaskan sumber daya manusia Maluku, lewat sektor Pendidikan, kesehatan dan sektor pariwisata. Untuk itu, masyarakat diminta agar mendukung program pemerintah daerah sehingga tercapai tujuan bersama.

Sementara itu, bupati SBB Drs. Moh Yasin Payapo, MPd. dalam arahannya mengatakan Gubernur Maluku telah datang ke SBB. jadi masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat tidak lupa, pembangunan harus dituntaskan, untuk itu masyarakat diminta, untuk mendukung pembangunan Maluku secara tuntas, dengan cara mendukung Ir. Said Assagaff secara optimal. Agar masyarakat Saka Mese Nusa, dapat menikmati keadilan dan kenyamanan, sehingga kesejahteraan dapat tercapai secara optimal, di bumi Saka Mese Nusa. Ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar duduk bersama pemerintah daerah, berbicara dari hati ke hati, bergandeng tangan bersama untuk “Kase Bae SBB”, sehingga dapat terwujud kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat SBB secara merata dan adil.

Selain itu, Raja Negeri Laturake, Thomas Andre Mawene ketika ditemui mengatakan kehadiran Gubernur Maluku, bupati Seram Bagian Barat, beserta rombongan merupakan sesuatu yang  sangat berharga bagi masyarakat Desa Laturake. Pasalnya Desa Laturake merupakan desa yang jauh dan berada di wilayah pegunungan, tetapi mereka sudi untuk berkunjung.  Untuk itu, Mawene akan membuktikan kalau Warga Laturake akan menyiapkan warganya untuk memperjuangkan Said Assagaff untuk melanjutkan program-programnya hingga Tuntas sebagai Gubernur Maluku Periode berikutnya. Seru  Mawene.

LEAVE A REPLY