Piru -Bertempat di Hotel Mitra Desa Piru Kecamatan Seram barat dilaksanakan kegiatan aktualisasi dan sosialisasi Nilai-Nilai 4 Konsensus Dasar bersinergi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dengan PKK Provinsi Maluku. Adapun pemateri yang hadir pada kegiatan tersebut adalah Ketua Divisi 1 PKK Provinsi Maluku Ny.Drs. Ima Somole. Selasa 20/10/2020

Turut hadir pula Dandim 1502 Masohi Letkol Inf. Nunung Wahyu Nugroho SE.MSi, Sekda Kab SBB, M.Tuharea,SH, Pabung1502/Masohi Kab SBB Mayor Inf D.Mado, Kakesbangpol Pemda SBB H. Saban Patty, Ketua divisi 1 ketua PKK provisi Maluku Ny.Drs Ima Somole dengan melibatkan peserta kurang lebih 50 orang.

Dalam arahannya Ketua divisi 1 Ketua PKK Provisi Maluku Ny. Drs. Ima Somole yang mengatakan, Salah satu masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sering mengancam integritas kesatuan dan persatuan bangsa. Dimana semangat nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri setiap anak bangsa. Gejolak globalisasi yang begitu mendunia sering menjebak warga negara kita pada pandangan yang menyepelehkan rasa memiliki sebuah Negara.

“ Beranjak pada konstalasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang sedemikian, maka kegiatan Aktualisasi dan Sosialisasi Nilai-Nilai 4 Konsensus Dasar yang melibatkan TP-PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan menjadi sangat urgen dan substansial untuk menggairahkan dan menghidupkan kembali semangat persatuan dan  kesatuan serta cinta tanah air, dalam ikatan bathin Bhinneka Tunggal Ika” jelas Somole.

Untuk itulah saya mengajak kita sekalian sebagai insan yang percaya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang atas rahmat dan penyertaan-Nya sehingga kita masih diberi semangat, kekuatan dan kesehatan untuk mengikuti kegiatan Aktualisasi dan Sosialisasi Nilai-Nilai 4 Konsensus Dasar di seram bagaian barat ini. Nilai-nilai empat konsensus dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, harus tetap diutamakan dan menjadi fokus perhatian kita bersama, karena merupakan konsensus dasar yang telah disepakati oleh The founding fathers bangsa ini.

Sesuatu yang sangat esensial dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Maka, salah satu solusi yang efektif adalah kembali memperkuat struktur pemahaman dan pengetahuan bersama atas konsensus dasar tersebut. Disinilah Pemerintah, mengharapkan kepada seluruh stakeholer terutama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk bersama-sama bertanggung jawab mensosialisasikan pada seluruh tingkatan masyarakat, sehingga melalui anggota TP PKK pada tingkat kabupaten/kota atau bahkan sampai tingkat kecamatan dan desa bisabdiperoleh pemahaman utuh dan bulat tentang nilai-nilai 4 konsensus dasar dalam pergaulan kehidupan bermasyarakat.

“Kepada para peserta benar-benar serius dan mengikuti seluruh rangkaian sosialisasi secara paripurna, sehingga pengetahuan yang didapat benar-benar merupakan pemahaman,pengetahuan dan penguatan terhadap consensus dasar yang telah disepakati yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Saya menyampaikan terima kasih dan memberikan rasa hormat kepada Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat yang telah membantu kami atas terselenggaranya kegiatan ini. Point penting saya atas penyelenggaraan sosialisasi ini bahwa pengetahuan dan pemahaman tentang ke-Indonesia-an kita yang dibangun diatas nilai-nilai 4 konsensus dasar, harus terus menerus disuarakan,diperkenalkan dan disampaikan lintas generasi ke generasi secara berkelanjutan” harapnya.

Tambahnya pula, tugas mulia ini tidak boleh terputus, sebab disitulah terletak nilai-nilai kebangsaan tertinggi yang kita punya. Dan nilai-nilai itu harus terus diperkuat,”benteng moral dan karakter” mesti terus dibangun, sehingga bangsa ini mampu menghadapi gempuran nilai-nilai globalisasi yang sangat massif melandabseluruh dunia, dan dalam skala yang luas.

LEAVE A REPLY