Piru- Melakukan pembayaran pajak adalah kewajiban seluruh warga negara, Wajib Pajak (WP) terkecuali bagi mereka yang dibebaskan oleh peraturan perundang-undangan. Setelah Membayar Wajib Pajak juga berhak melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) di Kantor Pelayanan Pajak.

Lantaran sifatnya yang memaksa, negara menetapkan sanksi bagi wajib pajak yang tidak melakukan pembayaran pajak. Tujuannya agar wajib pajak semakin patuh melakukan kewajiban perpajakan.

Pemberian sanksi terkait perpajakan ini bisa dalam bentuk surat teguran maupun tindakan tegas berupa penyanderaan atau gijzeling. Penyanderaan ini dapat dilakukan selama 6 bulan dan diperpanjang paling lama 6 bulan.

Secara statistik, sejak tahun 2015-2018 sedikitnya ada 117 wajib pajak yang disandera oleh petugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di rumah tahanan.

Kebanyakan merupakan wajib pajak yang memiliki utang pajak sedikitnya Rp 100 juta. Angka di atas membuktikan bahwa pemerintah tidak main-main dalam menegakkan peraturan perpajakan.

Terkait dengan Wajib Pajak beberapa undang-undang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menegakan peraturan Perpajakan.

  • UU KUP 2007 Pasal 8 Ayat (2a) tentang Pembetulan SPT masa dalam 2 tahun

Dikenakan Sanksi 2% per bulan dari jumlah pajak yang kurang dibayar, dihitung sejak jatuh tempo pembayaran s/d tanggal pembayaran.

  • UU KUP 2007 Pasal 8 ayat (3) tentang Pengungkapan ketidakbenaran dan pelunasan sebelum penyidikan dikenakan denda 150% dari jumlah pajak kurang bayar.
  • UU KUP 2007 Pasal 38 ayat (1) Setiap orang yang karena kealpaannya:

Tidak menyampaikan SPT. Menyampaikan SPT tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap atau melampirkan keterangan yang isinya benar sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara dan perbuatan tersebut merupakan perbuatan setelah perbuatan yang pertama kali.

Dipidana kurungan paling sedikit 3 bulan/paling lama 1 tahun atau denda paling sedikit 1 kali jumlah pajak terutang yang tidak/kurang dibayardan paling banyak 2 kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

LEAVE A REPLY