Piru – Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pembangunan kesehatan harus dilaksanakan secara bersama-sama dengan membentuk jejaring kerjasama, baik dengan lintas sektor, maupun lintas program,  untuk membangun Provinsi Maluku menjadi daerah yang maju dan sejajar dengan daerah – daerah lain di Indonesia.

Kegiatan ini amat penting karena sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017, program Germas harus dilaksanakan oleh semua stakeholder terkait. Ini adalah program nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal 12 November 2016. Saat ini masyarakat kita tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain. Dampak dari meningkatnya angka PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah; menurunnya produktivitas masyarakat; menurunnya daya saing yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

Faktor perilaku dan faktor lingkungan sangat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu, gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik itu.

Diharapkan dari hasil pertemuan ini, semua pihak dapat memahami tanggungjawab dan wewenang untuk mensukseskan program germas dan kegiatannya. Kepada peserta pertemuan ini, diharapkan untuk senantiasa berperan aktif dan terus mendukung gerakan ini sehingga masyarakat dapat hidup sehat yang pada akhirnya akan meningkatkan sumber daya manusia maluku khususnya di Kabupaten Seram Bagian Barat agar kelak anak cucu kita dapat bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional.

LEAVE A REPLY