DINAS PENDIDIKAN

STRUKTUR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Susunan Organisasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seram Bagian Barat  terdiri dari :

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat, membawahi :
  • Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan BMD
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  • Sub Bagian Penyelenggaraan tugas Pembantuan
  1. Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal
  • Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan Pendidikan Non Formal
  • Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Pendidikan Non Formal
  • Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan Pendidikan Non Formal
  1. Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar
  • Seksi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar
  • Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Pendidikan Dasar
  • Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Pendidikan Dasar
  1. Bidang Kebudayaan
  • Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman
  • Seksi Sejarah dan Tradisi
  • Seksi Kesenian
  1. Bidang Pembinaan Ketenagaan
  • Seksi PTK Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal
  • Seksi PTK Pendidikan Dasar dan Tenaga Kebudayaan
  1. UPT Dinas
  2. Satuan Pendidikan
  3. Kelompok Jabatan Fungsional

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEPALA DINAS

  • Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tugas membantu Bupati menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah dan tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana di maksud pada ayat (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai fungsi :
  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan dan Kebudayaan;
  2. penyusunan perencanaan ketenagaan, sarana prasarana dan peserta didik;
  3. pembinaan dan pengembangan ketenagaan, sarana prasarana dan peserta didik;
  4. pembinaan dan pengembangan kurikulum pendidikan formal dan non formal serta penididikan informal;
  5. pemberian perizinan dan pelaksanaan pelayanan umum di bidang pendidikan dan kebudayaan;
  6. pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan;
  7. perumusan, pengelolaan dan pembinaan kebudayaan;
  8. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang pendidikan dan kebudayaan;
  9. pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang pendidikan dan kebudayaan;
  10. pemantauan, evaluasi dan pelaporan bidang pendidikan dan kebudayaan;
  11. pelaksanaan kesekretariatan dinas;
  12. pembinaan dan pengembangan UPT dinas; dan
  13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati;

SEKRETARIAT

  • Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas meyelenggarakan urusan administrasi umum, perlengkapan, kerumahtanggaan, kelembagaan, kehumasan, kepegawaian, keuangan dan program di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sekretariat mempunyai fungsi :
  1. pengkoordinasian penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan serta tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan;
  2. pelaksanaaan upaya peningkatan pelayanan publik di sekretariat dinas
  3. pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  4. pengkoordinasian dan pelaksanaan kerja sama di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  5. pengkoordinasian pengelolaan dan laporan keuangan di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan;
  6. penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan dan fasilitasi bantuan hukum di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  7. pelaksanaan urusan organisasi dan tata laksana di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan;
  8. pengelolaan kepegawaian di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan;
  9. penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan yang meliputi usul kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta pendataan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan nonformal, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pengembangan karier pendidik, penyiapan bahan rekomendasi izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama, sekolah dasar kerja sama, dan sekolah menengah pertama kerja sama, fasilitasi urusan pembinaan perfilman, fasilitasi pembinaan lembaga kepercayaan terhadap Tuhan YME, fasilitasi pengelolaan warisan budaya nasional dan dunia, dan tugas-tugas pembantuan lainnya;
  10. pengkoordinasian dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  11. pengkoordinasian pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  12. pengelolaan barang milik daerah di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan;
  13. pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan; dan
  14. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan BMD mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris melaksanakan tugas :
  1. menyiapkan penyusunan bahan perumusan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran;
  2. mengelola data dan informasi di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan  kebudayaan;
  3. menyusun Standar Operasional Prosedur, dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di subbagian perencanaan, keuangan dan BMD;
  4. menyusun bahan pengelolaan keuangan dan barang milik daerah di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, kebudayaan dan pembinaan ketenagaan;
  5. melaksanakan penyusunan laporan sekretariat dan dinas
  6. melaksanakan, evaluasi dan menyusuna laporan pelaksanaan tugas pada sub bagian perencanaan, keuangan dan BMD; dan
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok :
  1. melaksanakan evaluasi dan penyusunan organisasi serta ketatalaksanaan dan kepegawaian;
  2. melakukan urusan ketatausahaan, kearsipan dan kepegawaian;
  3. menyusun standar operasional prosuder dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di sub bagian umum dan kepegawaian;
  4. melakukan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  5. melakukan urusan hukum dan perundang-undangan;
  6. melakukan urusan kehumasan dan pengelolaan informasi publik;
  7. melakukan penyimpanan, pemilihan, pemindahan dan penjadwalan retensi serta pemusnahan arsip;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas subbidang umum dan kepegawaian; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain diberikan oleh
  • Sub Bagian Penyelenggaraan Tugas Pembantuan mempunyai tugas :
    1. melaksanakan urusan usul kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta pendataan pendidikan menengah dan pendidikan khusus;
    2. menyusun Standar Operasional Prosedur, dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di subbagian penyelenggaraan tugas pembantuan;
    3. memfasilitasi pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan nonformal;
    4. memfasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pengembangan karier pendidik, penyiapan bahan rekomendasi izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama, sekolah dasar kerja sama, dan sekolah menengah pertama kerja sama, fasilitasi urusan pembinaan perfilman, fasilitasi pembinaan lembaga kepercayaan terhadap Tuhan YME, fasilitasi pengelolaan warisan budaya nasional dan dunia, dan tugas-tugas pembantuan lainnya;
    5. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada sub bagian penyelenggaraan; dan
    6. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

BIDANG PEMBINAAN PAUD DAN PENDIDIKAN NONFORMAL

  • Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam penyusunan bahan perumusan dan melaksanakan kebijakan dibidang pembinaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal melaksanakan fungsi :
  1. penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. pelaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal;
  3. pembinaan pelaksanaan kebijakan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  4. penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan local pendidikan nonformal;
  5. penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  6. penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  7. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  8. pelaporan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
  9. pelaksanaan tugas lain yang ditugaskan oleh pimpinan.
  • Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan Pendidikan Non Formal, mempunyai tugas:
    1. menyusun bahan perumusan koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
    2. menyusun bahan penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian pendidikan nonformal;
    3. menyusun bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
    4. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
    5. melaksanakan pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
    6. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi kurikulum dan penilaia PAUD dan Pendidikan non formal; dan
    7. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Pendidikan Non Formal, mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. menyusun bahan pembinaan kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. menyusun bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
  5. melaksanakan pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.
  6. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUD dan Pendidikan Non Formal; dan
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan Pendidikan Non Formal mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. menyusun bahan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. melaksanakan pelaporan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.
  5. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi peserta didik dan pembangunan karakter PAUD dan pendidikan nonformal; dan
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN DASAR

  • Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanan kebijakan di bidang pembinaan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar mempunyai fungsi :
  1. penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang pembinaan pendidikan dasar ;
  3. pembinaan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  6. penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  7. penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten seram bagian barat;
  8. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  9. pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar sekolah menengah pertama; dan
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Seksi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik;
  3. menyusun bahan penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. menyusun bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. menyusun bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten seram bagian barat;
  6. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  7. melaksanakan pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  8. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi kurikulum dan penilaian pendidikan dasar sekolah menengah pertama; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Pendidikan Dasar mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik;
  3. menyusun bahan pembinaan kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. menyusun bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  6. melaksanakan pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  7. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Pendidikan Dasar; dan
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Pendidikan Dasar mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik;
  3. menyusun bahan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. melaksanakan pelaporan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.
  6. melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Pendidikan Dasar; dan
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

BIDANG KEBUDAYAAN

  • Bidang Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kebudayaan;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Kebudayaan mempunyai fungsi :
  1. penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum kabupaten, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan kelembagaan adat, dan pembinaan kesenian;
  2. pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang kebudayaan;
  3. penyusunan bahan pembinaan di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum kabupaten, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  4. penyusunan bahan pengelolaan kebudayaan yang masyarakat pelakunya dalam daerah kabupaten;
  5. penyusunan bahan pelestarian tradisi yang masyarakat penganutnya dalam daerah kabupaten;
  6. penyusunan bahan pembinaan komunitas dan lembaga adat yang masyarakat penganutnya dalam daerah kabupaten;
  7. penyusunan bahan pembinaan kesenian yang masyarakat pelakunya dalam daerah kabupaten;
  8. penyusunan bahan pembinaan sejarah lokal kabupaten seram bagian barat;
  9. Penyusunan bahan penetapan cagar budaya dan pengelolaan cagar budaya peringkat kabupaten;
  10. Penyusunan bahan penerbitan izin membawa cagar budaya ke luar kabupaten;
  11. Penyusunan bahan pengelolaan museum kabupaten;
  12. Penyusunan bahan fasilitasi di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum kabupaten/kota, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  13. penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum kabupaten/kota, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  14. pelaporan di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum kabupaten, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian; dan
  15. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan registrasi cagar budaya dan pelestarian cagar budaya, serta permuseuman;
  2. menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik;
  3. menyusun bahan pembinaan dan fasilitasi registrasi cagar budaya dan pelestarian cagar budaya;
  4. menyusun bahan pelaksanaan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan museum;
  5. menyusun bahan penerbitan izin membawa cagar budaya ke luar daerah kabupaten;
  6. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi di bidang registrasi cagar budaya dan pelestarian cagar budaya, serta permuseuman;
  7. menyusun laporan dibidang registrasi cagar budaya dan pelestarian cagar budaya, serta permuseuman; dan
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan,
  • Seksi Sejarah dan Tradisi mempunyai tugas :
  1. melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang sejarah, tradisi, pendaftaran budaya tak benda, dan pembinaan komunitas dan lembaga adat;
  2. menyusun standar operasional prosedur dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di seksi sejarah dan tradisi;
  3. menyusun bahan pelestarian tradisi;
  4. menyusun bahan pembinaan dibidang sejarah dan tradisi;
  5. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi dibidang sejarah, tradisi, pendaftaran budaya tak benda serta pembinaan komuntas dan lembagan adat;
  6. menyusun laporan dibidang sejarah, tradisi, pendaftaran budaya tak benda serta pembinaan komunitas dan lembaga adat; dan
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh atasan.
  • Seksi Kesenian mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi dan pelaksaan kebijakan pembinaan kesenian;
  2. menyusun standar operasional prosedur dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik pada seksi kesenian;
  3. menyusun bahan pembinaan kesenian;
  4. menyiapkan bahan rekomendasi perizinan di seksi kesenian;
  5. melaksanakan penetapan kriteria dan prosedur penyelenggaraan festival, pameran dan lomba, serta penerapan dan monitoring spm bidang kesenian;
  6. menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kesenian;
  7. menyiapkan bahan penyusunan prosedur perawatan dan pengamanan aset atau benda kesenian, karya seni serta pembentukan dan/atau pengelolaan pusat kegiatan kesenian;
  8. melaksanakan kegiatan revitalisasi dan kajian seni serta pembinaan dan pengembangan peningkatan apresiasi seni tradisonal dan modern;
  9. menyusun bahan pemantauan, pembinaan, fasilitasi dan evaluasi kesenian;
  10. menyusun laporan pelaksanaan tugas seksi kesenian; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

BIDANG PEMBINAAN KETENAGAAN

  • Bidang Pembinaan Ketenagaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pembinaan Ketenagaan mempunyai fungsi :
  1. penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  2. pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang pembinaan ketenagaan;
  3. penyusunan bahan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  4. penyusunan bahan rencana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal;
  5. penyusunan bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal;
  6. penyusunan bahan rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan dalam kabupaten;
  7. penyusunan bahan pembinaan di bidang tenaga cagar budaya dan permuseuman, tenaga kesejarahan, tenaga tradisi, tenaga kesenian, dan tenaga kebudayaan lainnya;
  8. penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  9. pelaporan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan; dan
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan nonformal mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. menyusun bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  3. menyusun bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  4. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. menyusun laporan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
  6. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi PTK Pendidikan Dasar dan Tenaga Kebudayaan, mempunyai tugas :
  1. menyusun bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. menyusun bahan perumusan koodinasi pelaksanaan kebijakan pembinaan tenaga cagar budaya dan permuseuman, tenaga kesejarahan, tenaga tradisi, tenaga kesenian dan tenaga kebudayaan lainnya;
  3. menyusun bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. menyusun bahan pembinaan tenaga cagar budaya dan permuseuman, tenaga kesejarahan, tenaga tradisi, tenaga kesenian dan tenaga kebudayaan lainnya;
  5. menyusun bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  6. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan tenaga cagar budaya dan permuseuaman, tenaga kesejarahan, tenaga tradisi, tenaga kesenian dan tenaga kebudayaan lainya;
  7. menyusun bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  8. menyusun laporan dibidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  9. menyusun laporan dibidang pembinaan tenaga cagar budaya dan permusesuman, tenaga kesejarahan, tenaga tradisi, dan tenaga kebudayaan lainnya; dan
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang ditugaskan oleh pimpinan.

UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS

Pembentukan, susunan organisasi, tugas pokok dan fungsi unit pelaksana teknis dinas diatur dengan Peraturan Bupati tersendiri.

SATUAN PENDIDIKAN

Tugas Pokok dan Fungsi satuan pendidikan akan diatur dengan peraturan bupati tersendiri.

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas sesuai keahlian dan atau ketrampilan tertentu dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok Dinas pendidikan dan Kebudayaan

  • Jabatan Fungsional terdiri dari sejumlah pegawai dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai dengan bidang keahliaanya.
  • Jabatan fungsional dikoordinir oleh seorang tenaga fungsional senior yang dalam pelaksanaanya bertanggung jawab kepada kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan.
  • Jumlah jabatan fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
  • Jenis jabatan fungsional ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.