PIRU-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seram Bagian Barat gelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) Tahun 2018 pagi ini di Aula Lantai III Kantor Bupati Seram Bagian Barat. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina, SE, M.Si dan diikuti oleh peserta perwakilan aparatur pemerintah desa seluruh Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam sambutannya wakil bupati menjelaskan dalam pelaksanaannya, dana  desa  dari  APBN ditransfer melalui APBD Kabupaten/kota untuk selanjutnya ditransfer ke rekening kas Desa. Sedangkan alokasi dana desa kabupaten dalam pelaksanaannya ditransfer langsung dari kas daerah ke rekening kas Desa. Dua sumber dana yang masuk ke rekening kas desa ini akan menjadi pendapatan desa pada tahun anggaran yang berkenaan. Ketentuan ini membawa implikasi terhadap perlunya kesiapan baik pada  pemerintah, pemerintah kabupaten maupun pada pemerintah desa sendiri khususnya dalam pengelolaan keuangan desa.

Pengelolaan keuangan desa perlu menjadi perhatian  penting  bagi aparat  pemerintah  desa, mengingat  pendapatan  desa  untuk  setiap  Desa di kabupaten Seram Bagian Barat dalam tahun anggaran 2018 yang bersumber dari dana desa dan ADD cukup besar. Bahkan untuk dana desa dari apbn setiap tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada total pendapatan desa untuk setiap desa di Kabupaten Seram Bagian Barat tahun anggaran 2018 rata-rata sudah  diatas 1 milyar rupiah.

Lebih lanjut beliau menambahkan anggaran yang besar ini disamping  sebagai berkah bagi desa,  sekaligus juga merupakan tantangan bagi pemerintah desa terutama    dalam hal penggunaan dan pertanggung jawabannya. Untuk itu dalam rangka pengelolaan keuangan desa secara  transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran. Melalui aplikasi sistem informasi keuangan desa ( siskeudes ) yang bertujuan agar aparat pemerintah desa mendapat kemudahan saat melakukan semua tahapan  pengelolaan keuangan desa sesuai ketentuan yang berlaku.

Harapannya  kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh agar terampil menggunakan aplikasi siskeudes  sehingga pengelolaan keuangan desa ditahun 2018 dapat terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku. Juga melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengasilkan   dokumen rpjmdesa, rkpdesa dan  apbdesa tahun anggaran 2018 dalam bentuk aplikasi siskeudes.

LEAVE A REPLY