DINKES KAB. SBB GELAR KEGIATAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT

0
186

PIRU-Dinas Kesehatan kabupaten Seram Bagian Barat menggelar kegiatan gerakan masyarakat untuk hidup sehat (GERMAS) dengan tema peran serta masyarakat untuk hidup sehat kita tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan yang transparan dan akuntabel ditingkat puskesmas di ruangan pertemuan Amboina Hotel beberapa pekan lalu.

Menurut Kepala dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat dr. H Sesa dalam sambutannya mengatakan, GERMAS dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat.

Germas sendiri memiliki beberapa tujuan diantaranya seperti menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Katanya pula, prinsip dari gerakan masyarakat hidup sehat adalah kerjasama multi sektor dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Hal ini dimaksud agar kerjasama sektor kesehatan, akademisi, LSM dan sector-sektor lainnya dapat memainkan peranan dan fungsinya dengan baik demi peningkatan kesehatan masyarakat.

Selain itu pula, dibutuhkan adanya keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu serta gerakan pemberdayaan masyarakat khusus yang dapat menghadirkan peranan untuk masyarakat yang mau hidup sehat dan menjadi mitra pengendalian penyakit, penguatan sistem kesehatan, reformasi dan reorientasi pelayanan kesehatan, penguatan siklus hidup, jaminan kesehatan sosial, yang berfokus pada pemerataan penurunan penyakit karena determinan sosial seperti masalah kemiskinan, masalah gender, masalah lingkungan, masalah budaya, masalah tingkat pendidikan, dan masalah kemauan politik.

Untuk itu, diharapkan dengan adanya kegiatan gerakan masyarakat untuk hidup sehat dengan adanya cara mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat. Serta adanya kampanye dan sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan adanya monitoring pelaksana gerakan masyarakat untuk hidup sehat.

LEAVE A REPLY