Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati SBB

Piru –  Bertempat di Aula Hotel Amboina, Selasa 26 Maret 2019, Bupati SBB, Drs M. Yasin Payapo, M.Pd membuka dengan resmi acara Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi ditandai dengan pemukulan tifa. Turut hadir pada acara sosialisasi ini, Kepala Bidang Fasilitasi dan Pelayanan Informasi Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri RI, Ibu DR Handayani Ningrum, SE, MSi dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Maluku.

Keterbukaan informasi adalah salah satu pilar penting yang akan mendorong terciptanya iklim transparansi. Terlebih di era yang semakin terbuka ini, keinginan masyarakat untuk mendapatkan informasi semakin tinggi. Diberlakukannya UU Keterbukaan Informasi Publik merupakan perubahan yang mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu perlunya kesadaran dari seluruh elemen bangsa agar setiap lembaga dan badan pemerintah dalam pengelolaan informasi haruslah berdasarkan prinsip Good Governance, Tata Kelola Pemerintahan yang baik.

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi Daerah dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan keberadaan PPID maka masyarakat akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu. Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyampaian, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi badan publik.

Diharapkan PPID nantinya dapat mengelola semua informasi yang ada di daerah ini dan hanya akan keluar melalui satu pintu yakni PPID. Kabupaten Seram Bagian Barat memiliki banyak potensi alam dan wisata yang luar biasa. Namun informasi tentang semuanya belum terekspos dengan baik. Untuk itu Bupati mengharapkan agar PPID dapat mengelola semua informasi di Saka Mese Nusa ini sehingga dapat tersosialisasikan dengan baik.

 

LEAVE A REPLY