PIRU-Untuk memperluas akses dalam jaringan internet, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Seram Bagian Barat memasang jaringan wifi di kantor Pemerintahan, rabu (7/11/2018).

Ada 7 titik dipasang jaringan wifi yakni Ruang Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah (sekda), ruang BPKAD, Unit Layanan Pengadaan (ULP), Ruang LPSE dan Ruang BAPEDDA.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Peking Caling, SH  dalam wawancaranya dengan media ini yang ditemui dikantornya, Selasa (7/14/2018).

Kepala Dinas Kominfo SBB mengatakan, berdasarkan penerapan program e-planing dan e-budgeting dalam rangka pelaksanaan tata kelolah pemerintahan secara elektronik (e-governance) di tahun 2018 ini, maka pihaknya menyedikan anggaran untuk membangun instalasi jaringan internet di kantor-kantor pemerintahan.

Dikatakannya, penggunaan anggaran ini untuk pembayaran sewa bandwich (kuota jaringan internet) dan juga pengadaan perangkat untuk mendukung instalasi jaringan internet itu.

“Hal ini merupakan langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Diskominfo SBB yang merupakan leeding sector kegiatan informasi dan komunikasi daerah, sehingga kendala akses internet  dalam menjalankan pemerintahan e-governance akan teratasi dengan adanya pemasangan jaringan internet ini,”tambah beliau.

“Pembangunan jaringan wifi ini akan dipasang di seluruh Organisasi Perangkat Daerah tetapi saat ini baru 7 titik yang sudah terhubung dengan jaringan internet itu, Hal ini didasari karena ketersediaan anggaran, sehingga untuk sementara pemasangan jaringan internet difokuskan pada 7 titik,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, selama ini pemerintah daerah seringkali terhambat untuk mengakses informasi dan menyampaikan informasi secara online, sehingga komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sering kali mengalami kendala. Hal ini disadari oleh beliau yakni karena kekurangan jaringan internet di daerah, sehingga berdampak pada kinerja pemerintah daerah.

Pihaknya akan berusaha untuk menambah lokasi untuk memasang jaringan internet, sehingga semua OPD, termasuk Pendopo Bupati dan wakil, serta kantor DPRD dapat terkoneksi jaringan internet, sehingga mempermudah tugas-tugas pemerintahan.

Ia memastikan dengan terpasangnya jaringan internet tersebut nantinya, semua OPD di lingkungan Pemkab SBB bisa melaksanakan penerapan sistem e-planning dan e-budgeting dalam mewujudkan e-governance.

Menurutnya sinyal wifi yang dipasang areanya sangat luas, contoh di kantor Pemerintahan (Kantor Bupati) areanya saja sampai di Dinas Pendidikan, sedangkan di sekitar Kantor Diskominfo areanya sampai di Disdukcapil.

 

LEAVE A REPLY