PIRU-Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha kecil Menengah (UKM) Kabupaten Seram Bagian Barat gelar pelatihan manajemen pengelolaan koperasi dan Koperasi Unit Desa (KUD) tahun 2019, bertempat di Gedung jemaat GPM Elohim piru, selasa(25/6/19).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. SBB Drs. Lutfi Hehanussa saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan manajemen kengelolaan koperasi dan KUD mengatakan, menyadari bahwa banyaknya kekurang yang terjadi dalam pengelolaan koperasi di masyarakat diantaranya masih lemahnya kemampuan dalam mengelola administrasi kelembagaan maupun keuangan dan lemahnya kemampuan karyawan dalam mengelola usaha koperasi.

Dijelaskan Hehanussa, untuk menjawab persoalan tersebut, Upaya memajukan peranan koperasi di Kab. SBB perlu diadakan pembinaan manajemen koperasi secara komprehensif melalui kegiatan-kegiatan pelatihan.

Pemasangan tanda peserta oleh Kadis Kop UKM SBB

Menurut Hehanussa, dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kab. SBB dipandang perlu untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia sehingga dapat memberikan manfaat dalam menambah keberadaan koperasi dan untuk mewujudkan koperasi menjadi lembaga ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama bagi pembinaan masyarakat.

“Koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen serta pengelolaan keuangan yang sehat dan mandiri”, ujarnya.

Lanjut dikatakan, pelaksanaan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi dan KUD dalam menyusun laporan bagi pengurus koperasi merupakan salah satu upaya dalam mengontrol, menata dan mengendalikan pencatatan keuangan yang nanti dilakukan dalam koperasi serta pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib dan terarah sesuai dengan aturan akuntansi koperasi.

“Dengan adanya manajemen pengelolaan administrasi dan keuangan yang baik maka peningkatan dan pengembangan keberadaan koperasi akan mudah untuk mencapainya”, tambah beliau.

Pemberian materi oleh narasumber

Ia berharap, pelatihan manajemen pengelolaan koperasi dan KUD mampu menciptakan keterampilan dalam pengelolaan usaha serta dapat memberikan nilai positif bagi perekonomian di Kabupaten Seram Bagian Barat.

pelatihan manajemen pengelolaan koperasi dan KUD dilaksanakan mulai dari tanggal 25-29 juni 2019 dan menghadirkan narasumber dari Laboratorium Ekonomi dan Bisnis Provinsi Maluku Drs. I.S. Tetelepta, M.Si serta peserta yang berjumlah 40 orang yang berasal dari usaha koperasi yang berada di Kabupaten Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY