Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menegaskan gencarnya distribusi bantuan sosial (bansos), baik berupa beras sejahtera (rastra) ataupun bantuan pangan nontunai (BPNT) tidak ada kaitannya dengan tahun politik.

Pembagian bansos tersebut pun tidak ada hubungannya dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan berlangsung tahun ini. Dia mengatakan, pembagian bansos yang semakin masif ini semata adalah komitmen pemerintah untuk mengurangi kemiskinan.

Menurut dia, bansos ini juga untuk mendorong masyarakat agar lebih kreatif dan produktif sehingga suatu saat bisa keluar dari garis kemiskinan.

“Kalaupun meningkat, tidak ada kaitannya (dengan pilkada). Tetapi betul-betil bagaimana intensitas kita dengan sebuah komitmen bahwa bansos adalah untuk mengurangi kemiskinan. Kalau kemiskinan dikurangi otomatis ketimpangan di atasi,” tutur Idrus.

Dia memastikan program bansos tidak dijadikan alat politik oleh calon kepala daerah incumbent untuk menarik hati masyarakat. Apalagi, bansos ini bukanlah merupakan program baru pemerintah.

Ini program kan program awal, ini kan bukan baru. Ya harus betul-betul dilihat perspektif yang lebih obyektif untuk kepentingan rakyat,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah dalam hal ini Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Republik Indonesia mengklaim penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) sudah terdistribusi hingga 97%. Keluarga penerima manfaat (KPM) pun diklaim puas dengan bansos yang diberikan pemerintah tersebut.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, bansos rastra tersebut telah didistribusikan sejak awal Januari 2018 hingga sekarang, sementara untuk penyaluran bantuan pangan nontunai (BPNT) sampai sekarang telah terdistribusikan hingga 86%.

Dari hasil survei, 90% keluarga penerima manfaat menyatakan kepuasannya terhadap penyaluran bansos rastra maupun BPNT. Oleh sebab itu, pihaknya berencana menambah daerah yang akan menerima manfaat tersebut, rencananya akan ada penambahan sebanyak 24 Kabupaten dan kota sebagai penerima manfaat dari pemerintah tersebut. (Sumber : SindoNews.Com)

LEAVE A REPLY