Jaringan Media “Ekspresi Maluku” didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB) dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) serta Asosiasi Jurnalis Video, memprakarsai pelaksanan Festival Pulau, yang akan di laksanakan di Selat Valentine yang merupakan bagian wilayah Kepulauan Buano Kab. SBB.

Mengambil lokasi kegiatan tepat di Dusun Huhua, Desa Buano Utara, Event wisata bahari ini sendiri rencananya akan dilaksanakan pada akhir pekan depan, tepatnya pada tanggal 5 hingga 6 Juni 2021 mendatang.

Berdasarkan Press Release yang disampaikan kepada media ini pada minggu 30/05/2021, “Ekspresi Maluku” membeberkan tujuan dari diselenggarakannya Festival Pulau ini. Yakni sebagai saran memperkenalkan dan mempromosikan Selat Valentine, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kab. SBB ini.

Festival ini akan diisi dengan pagelaran kesenian setempat serta adanya atraksi wisata seperti acara dayung dan sebagainya.

Dengan adanya Festival ini kedepannya, masyarakat SBB khususnya yang berada disekitar lokasi wisata ini, diharapkan semakin mengenal serta mencintai wisata bahari, sehingga akan ada kesadaran dan keinginan untuk menjaga serta melestarikan salah satu anugerah Tuhan ini.

Diharapkan pula dengan semakin dikenal dan diketahui oleh masyarakat, kelak destinasi ini akan mampu meningkatkan jumlah wisata baik lokal maupun asing. Sehingga nantinya dengan peningkatan jumlah wisatawan ini mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat, sekaligus menjadi sumber pendapatan asli daerah bagi Pemda Kab. SBB.

Selat Valentine sendiri merupakan bentang alam berupa Selat sepanjang kurang lebih 7 KM, yang memisahkan Pulau Buano bagian utara dengan Pulau Pua. Selat dengan perairannya yang tenang serta panorama yang menghibur mata ini, dahulunya ternyata punya sejarah panjang, dimana sejak masa penjajahan dulu sering digunakan armada laut Belanda sebagai tempat berlabuh dan bersembunyi.

Selat ini pernah menyabet posisi keempat kategori Surga yang Tersembunyi Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia (API ) Award 2021 ini. Ini menandakan Selat ini adalah salah satu potensi wisata terbaik yang dimiliki daerah ini sehingga harus selalu dipromosikan dan dikenalkan kepada dunia melalui event-event seperti Festival Pulau ini.

LEAVE A REPLY